Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Cermat Lihat Bakat Anak?

Kompas.com - 03/05/2011, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran orang tua sangat penting dalam mendukung dan menentukan jalan hidup anak. Itu sebabnya, sering dikatakan bahwa saat anak tumbuh remaja, posisi orang tua akan berubah laiknya menjadi seorang teman bagi si anak.

Orang tua bisa menjadi tempat curhat dan konsultasi yang nyaman tanpa perlu merasa cemas tidak punya hak suara. Namun, menentukan pilihan jalan hidup bagi anak tidak semudah yang dibayangkan. Dalam memilih sekolah atau perguruan tinggi, misalnya. Banyak orang tua berpandangan, pilihlah jurusan yang "top five" agar mudah mendapat pekerjaan dan gaji besar, tanpa memikirkan minat dan bakat anaknya.

Menurut psikolog Eileen Rachman, ada beberapa hal harus diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah atau perguruan tinggi bagi anak. Pertama, orang tua harus memperhatikan beberapa karakter yang dibangun dalam sekolah atau perguruan tinggi pilihannya nanti.

"Character building itu penting dalam dunia pendidikan. Apakah dalam sekolah atau perguruan tinggi, ada silahturami bersama teman. Lalu, apakah mereka mementingkan religius dan keimanan anak-anaknya, apakah mereka mementingkan pembangunan karakter anak-anaknya, dalam arti kalau si anak melakukan kesalahan harusnya diperbaiki, bukan ditegur," papar Direktur Utama Experd ini kepada Kompas.com di di Jakarta, Selasa (3/5/2011).

Selain itu, minat, bakat, dan kepribadian si anak juga harus dicermati. Saat ini, kata Eileen, antara anak dan orang tua seringkali terjadi perbedaan pendapat dalam menentukan bakat dan minat. Hal seperti ini, lanjut dia, harus disiasati dengan melihat kasus tersebut secara case by case.

"Bakat dan minat itu harus ditutup dengan keprofesionalitasan akademis. Bakat musik misalnya, ya harus dengan akademis musik. Artinya, jika si anak ingin jadi pemusik, dia juga harus mengerti dasar-dasar musik sampai tuntas. Ya, walaupun ada orang memang memiliki bakat sejak usia dini, bakat itu juga harus diasah dengan pendidikan agar lebih baik," lanjut Eileen.

Secara rinci, menurut Eileen, dalam memilih pendidikan bagi anak pada dasarnya adalah proses yang dimulai sejak masa kanak-kanak. Kesempatan menstimulasi pengalaman orang tua kepada anak harus dilakukan sejak kecil secara optimal, sehingga bisa menjadi bekal, modal, dan fondasi minat dan bakat yang kuat pada anak.

"Cara anak itu melihat dirinya sendiri berdasarkan pengalaman di anak dari orang tuanya. Ya, pengalaman itu dari pendidikan karakter yang dibangun oleh orang tuanya sejak si anak masih kecil. Jadi, tidak perlu memaksakan kehendak pada anak. Pilihlah secara cermat antara bakat, minat anak dengan sistem pendidikan secara dua sisi yang berbeda," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com