Undip Buka Warung Sosial

Kompas.com - 03/05/2011, 15:22 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk melatih mahasiswa berwirausaha, Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang bekerjasama dengan Dinas Sosial Provonsi Jawa Tengah membuka warung sosial mahasiswa di kawasan kampus tersebut.

Penandatangan kerjasama dan penyerahan bantuan warung sosial dari Dinsos Jateng dilaksanakan, Selasa (3/5/2011) di Gedung Dekanat Fakultas Peternakan Undip.

Acara tersebut sekaligus membuka kegiatan Peringatan Dies Natalis ke-14 Program Studi DIII Manajemen Usaha Peternakan. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinsos Jateng Adhi Karsidi, Rektor Undip Sudharto P Hadi dan pimpinan Undip dan badan eksekutif mahasiswa.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Adhi Karsidi mengatakan untuk mengatasi masalah sosial tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga tanggung jawab seluruh stakeholder termasuk perguruan tinggi.

"Keberadaan warung sosial ini dapat menjadi tempat berlatih wirausaha bagi mahasiswa sehingga dapat membantu perekonomian mereka terutama yang berasal dari kalangan tidak mampu," ujar Adhi.

Ia menyatakan, kerjasama Dinsos dan Fakultas Peternakan Undip tersebut merupakan kegiatan dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Jateng dan khususnya Kota Semarang. Kehadiran Warung Sosial (Warsos) di Fakultas Peternakan diharapkan dapat mewujudkan wahana interaksi mahasiswa di sekitar kampus. Pembukaan warung ini diharapkan juga diikuti fakultas-fakultas yang lain.

Sementara itu, Rektor Undip mengatakan kerjasama dengan Dinsos Jateng akan membantu program pemerintah dalam menanggulangi masalah sosial yang ada di masyarakat. Dengan adanya warung sosial diharapkan bisa memacu mahasiswa agar kreatif dan inovatif serta bisa berwirausaha.

"Warung sosial diarahkan juga untuk mendukung program Undip Rumah Kita di mana keberadaan warung ini dapat menjadi tempat bersantai melepas lelah, serta ruang diskusi yang nyaman, yang mampu menghasilkan gagasan dan pemikiran yang produktif dan inovatif," kata Sudharto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X