Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Semakin Perlu Mendalami HaKI

Kompas.com - 05/05/2011, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemahaman tentang Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) perlu diberikan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa. Pendidikan tentang HaKI diperlukan sebagai upaya membentuk kualitas pribadi dan karakter yang baik agar terbiasa menghargai hak-hak orang lain.

Demikian dikemukakan praktisi HaKI dari Business Software Alliance (BSA), Donny A Sheyoputra, dalam talk show bertajuk "Pemanfaatan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) melalui Pemuda", Kamis (5/5/2011), di Universitas Esa Unggul, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Donny mengatakan, civitas akademika perlu lebih dalam lagi memanfaatkan HaKI demi kesejahteraan bersama. Terutama kepada mahasiswa, dengan terbiasa menghargai hak-hak orang lain mereka akan punya semangat tinggi untuk berkreasi dan berinovasi yang nantinya bermanfaat bagi kemajuan negara.

"Melalui pendidikan HaKI kaum muda dapat belajar memahami hak-hak yang dimilikinya apabila mampu menghasilkan suatu karya sebagai wujud olah pikir intelektualnya sehingga karyanya tersebut dapat dimanfaatkan bagi diri sendiri dan masyarakat luas," kata Donny.

Di berbagai negara, pendidikan dan pemahaman mengenai HaKI telah ditanamkan sejak dini kepada para generasi mudanya. Hal tersebut bertujuan agar terbentuk karakter "tidak mencuri" hak orang lain sejak masa kanak-kanak. Dengan demikian, lanjut Donny, generasi muda justru ditantang untuk berkompetisi secara sehat dan memanfaatkan intelektualitasnya agar tercipta berbagai karya yang berguna bagi bangsa dan negara.

"Cara paling efektif untuk lingkungan mahasiswa adalah melalui pemberian mata kuliah HaKI sebagai mata kuliah khusus. Namun, akan lebih efektif bila pihak universitas membentuk sentra-sentra HaKI yang memberikan pelayanan bagi mahasiswa kreatif untuk mendaftarkan karya-karyanya agar mendapat perlindungan hukum dari negara," tambah Donny.

Donny mengatakan, masalah HaKI di Indonesia sudah mulai tumbuh walaupun secara keseluruhan kesadaran itu dinilai masih kurang tinggi. Pelanggaran HaKI masih terus terjadi dan mudah ditemukan di depan mata.

Untuk itu, lanjut Donny, dengan adanya pemahaman yang benar sejak dini, diharapkan para generasi muda dapat mengambil manfaatnya. HaKI sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat luas, dan pemahaman itu dapat dimulai dari lingkungan kita masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com