Jangan Lupa, Inggris Juga Tujuan Utama

Kompas.com - 05/05/2011, 15:35 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Inggris juga menjadi salah satu tujuan belajar di Eropa. Sejak berabad-abad, Inggris sudah memulai tradisi universitas. Itu bisa dilihat dari jejak dan nama besar sejumlah universitas, seperti Cambridge University, Oxford University, dan London School of Economics and Political Science.

Terdapat sekitar 100 universitas di Inggris. Mayoritas perguruan tinggi tersebut milik pemerintah. Di Inggris, ada istilah yang dikenal dengan old university dan new university.

Old university adalah perguruan tinggi yang sejak awal sudah berpredikat universitas. Sementara itu, new university adalah college atau politeknik yang berubah nama menjadi universitas pada 1980-an.

Selain itu, ada ratusan college pemerintah dan swasta yang menyediakan program pendidikan praktis dan kejuruan. Para lulusan SMA di Indonesia yang ingin melanjutkan ke universitas di Inggris umumnya diharuskan mengikuti kelas persiapan (Foundation Program) selama satu tahun atau program "A' Level selama 1,5 sampai 2 tahun.

Adapun kisaran biaya kuliah per tahun (poundsterling) di Inggris sebagai berikut:

Uang kuliah: 4.500 - 15.000

Akomodasi dan makan: 5.000 - 8.000

Uang saku: 2.500 sampai 3.000

Buku: 500 - 1.000

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X