Pilih ke Australia? Ini Infonya!

Kompas.com - 05/05/2011, 18:34 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Australia hingga kini masih merupakan pilihan favorit bagi pelajar Indonesia untuk studi lanjutan. Salah satu kota terfavorit bagi orang Indonesia adalah Perth di Australia Barat.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih studi ke Australia:

Kelas persiapan

Sebelum kuliah, para calon mahasiswa asing selama 10 bulan harus mengikuti kelas persiapan (foundation atau bridging). Foundation bisa diikuti siswa SMA kelas XI, dengan syarat mempunyai nilai yang sangat baik.

Jenjang pendidikan

Terdapat 40 universitas (37 milik pemerintah) dan sekitar 100 TAFE (technical and further education), serta college swasta. Universitas adalah perguruan tinggi yang memberi gelar Bachelor (undergraduate), Graduate Diploma & Master hingga Doctoral (postgraduate) di berbagai bidang studi.

TAFE adalah institusi pendidikan semacam akademi atau politeknik milik pemerintah yang menyelenggarakan program pendidikan praktis atau kejuruan dengan kualifikasi Certificate (1, 11, III, & IV), Diploma, dan Advanced Diploma.

Private College atau VET (Vocational Education & Training) adalah lembaga milik swasta yang menyelenggarakan program pendidikan vokasional seperti TAFE.

Universitas top

Di Australia dikenal istilah "Group of Eight" atau delapan universitas paling top secara akademik, yaitu University of New South Wales (Sydney), University of Sydney (Sydney), Monash University (Melbourne), University of Melbourne (Melbourne), University of Queensland (Brisbane), University of Western Australia (Perth), University of Adelaide (Adelaide), dan Australian National University (Canberra).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X