Wamendiknas Raih "Henry Kaufman Prize"

Kompas.com - 05/05/2011, 20:20 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Pendidikan Internasional (The Institute of International Education) yang berkedudukan di Amerika Serikat (AS) memberikan penghargaan Henry Kaufman Prize kepada Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal. Fasli merupakan penerima pertama penghargaan internasional tersebut.

Penghargaan tersebut sebagai pengakuan pada peran Fasli dalam mempromosikan dan mengembangkan pendidikan tinggi internasional di Indonesia dan dunia. Acara pengukuhan dilaksanakan di Washington DC, Rabu (4/5/211) waktu setempat, oleh Presiden IIE dan CEO Dr Allan E. Goodman.

IIE merupakan lembaga terpandang dalam pertukaran orang dan ide di dunia internasional. Lembaga indepen nonprofit ini didirikan pada 1919. IIE mempunyai jaringan lebih dari 1.100 anggota lembaga dan 18 kantor di seluruh dunia.

Adapun Fasli dinilai berkomitmen untuk memperkuat hubungan di bidang pendidikan antara Indonesia-AS. Fasli mendorong untuk memperluas kerjasama kedua negara dengan membentuk penelitian bersama bidang sains dan teknologi dan membangun kapasitas di pendidikan tinggi Indonesia untuk mempromosikan kajian-kajian soal AS.

Fasli juga terlibat di Dewan Kerjasama Indonesia-AS untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi atau the Joint U.S.-Indonesia Council for Higher Education Partnership. Dewan kerjasama itu dibentuk pada 2011 lalu oleh lima lembaga swadaya AS dan pemimpin pendidikan tinggi Indonesia. Fasli dinilai dewan tersebut telah berperan meningkatkan sistem pendidikan tinggi.

Selain itu, Fasli juga dinilai telah mendukung program "Training of Trainers" yang diikuti 100 dosen untuk mengembangkan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi. Sejak 2008, Fasli menyediakan beasiswa S-2 dan S-3 bagi para dosen untuk kuliah di luar negeri. Penilaian itu termasuk juga upaya Fasli mempromosikan program sandwich untuk calon doktor dan penyegaran akademik bagi doktor untuk menimba ilmu selama satu semester di luar negeri.

"Ini bentuk penghargaan kami pada Profesor Fasli Jalal atas dedikasinya meningkatkan kehidupan dengan mentransformasi sistem pendidikan tinggi Indonesia," kata Henry A Kissinger, anggota the Board of Trustees of IIE and Ketua Juri Henry Kaufman Prize.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X