"A to Z", Tes Bahasa Hingga Akademik

Kompas.com - 06/05/2011, 11:45 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Mereka yang tertarik menuntut ilmu di negeri lain setidaknya pernah mendengar istilah TOEFL, IELTS, SAT, GMAT, dan GRE. Yuk, kita simak satu per satu tes tersebut!

Pada zaman sekarang, menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional sudah wajib hukumnya. Wajib, terlebih bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri.

Aplikasi ke perguruan tinggi umumnya mensyaratkan skor bahasa Inggris. Director Access Education Beyond, Brook W Ross, memaparkan, ada dua ujian kecakapan berbahasa Inggris berskala internasional, yakni international English language testing system (IELTS) dan test of English as a foreign language (TOEFL).

Ribuan universitas di seluruh dunia menerima hasil kedua tes tersebut. Kedua tes itu pada dasarnya terbagi dalam empat komponen, yakni berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca.

Namun, ada baiknya sebelum melamar, calon mahasiswa mencari informasi terlebih dahulu jenis-jenis tes yang diinginkan perguruan tinggi pilihannya. Kedua tersebut diselenggarakan dan dikembangkan oleh lembaga berbeda dan bentuk skor pun lain.

Tidak ada istilah lulus atau tidak dalam tes TOEFL dan IELTS. Lembaga tes memberikan skor, sementara institusi pendidikan yang menentukan standar skor yang mereka inginkan dari pelamar.

TOEFL

Format ujian TOEFL internasional terkini dioperasikan melalui internet TOEFL atau internet-Based Test (TOEFL iBT). Berbagai informasi tentang TOEFL, dari biaya hingga jadwal ujian di Indonesia, bisa diunduh di situs www.ets.org/toefl.

University Counselor Access Education Beyond, Novi Kusumaningrum, mengungkapkan, universitas-universitas di dunia umumnya mensyaratkan skor TOEFL iBT 79-80 atau sama dengan skor 550 paper based TOEFL. Adapun untuk program pascasarjana (S-2 dan S-3) skor yang dibutuhkan mencapai 100-115 atau setara 600-650 skor paper based TOEFL.

IELTS

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X