"A to Z" Tes Bahasa Hingga Akademik (II)

Kompas.com - 06/05/2011, 12:10 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Bahasa asing lain di luar bahasa Inggris yang harus dikuasai umumnya bergantung pada bahasa pengantar di perkuliahan. Alat ukur kompetensi berbahasa yang digunakan pun berbeda-beda.

Kemampuan berbahasa Jepang bagi orang yang bahasa aslinya bukan Jepang biasanya diukur dengan Nihongo Nouryoku Shiken yang berstandar international. Lain lagi halnya dengan kemampuan berbahasa Perancis yang diukur menggunakan Test De Connaissance au Francais (TCF).

Negara Eropa lainnya, seperti Jerman, juga mensyaratkan kemampuan berbahasa Jerman bagi calon mahasiswa bukan penutur asli bahasa Jerman. Untuk kepentingan aplikasi biasanya dibutuhkan hasil The TestDaF-Test Deutsch als Fremdsprache.

Adapun informasi tes-tes bahasa asing itu biasanya lengkap disediakan oleh pusat-pusat kebudayaan negara bersangkutan. Bahkan, pusat kebudayaan biasanya juga menyediakan layanan kursus bahasa sekaligus menjadi salah satu test center.

(INDIRA PERMANASARI)

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X