Mari, Berburu Beasiswa! (Bagian III)

Kompas.com - 06/05/2011, 12:45 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Banyak kesempatan bisa diraih anak-anak cerdas Indonesia yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk tetap meraih pendidikan tinggi. Impian itu dapat diraih lewat banyaknya lembaga penyedia beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Apa saja?

British Council Indonesia

Lembaga internasional yang bergerak di bidang budaya dan pendidikan ini menyediakan informasi terkait studi di Inggris. Beasiswa yang dikelola meliputi:

- the British Chevening Awards - Hornby Scholarships Program - Kontak: Telp: (021) 515 5561/Faks: (021) 515 5562/Email:information@britishcouncil.or.id/Website: www.britishcouncil.org

Australia Development Scholarship/ADS

Lembaga ini menangani pemberian beasiswa dari negara-negara berkembang. Kategori beasiswa yang dimiliki adalah:

- Beasiswa publik, untuk diberikan kepada pegawai kementerian, BUMN, dan PTN. - Beasiswa "open", untuk diberikan kepada pekerja di sektor swasta. - Beasiswa "targeted", dikhususkan bagi mereka yang bekerja di lembaga terkait program dan kegiatan AusAID, yang dalam hal ini adalah pegawai pemerintah, BUMN, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya masyarakat. - Kontak: Telp (021) 527 7648/Faks: (021) 527 7649/Email: info@adsindonesia.or.id/Website: adsindonesia.or.id

Kedutaan Besar Jepang

Termasuk juga Konsulat Jepang di Surabaya, Medan dan Makassar, Kedutaan Besar Jepang rutin memberikan beasiswa. Program beasiswa yang dimiliki adalah:

- Monbukagakusho, yaitu beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT), seperti Program Beasiswa Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA, dan Japanese bagi mahasiswa program studi Jepang, serta Teacher Training bagi guru. - Kontak: Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, JL MH Thamrin No 24 Jakarta 10350/Telp (62-21) 3192-4308 ext 175 atau 176/Website: www.id.emb-japan.go.jp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X