Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UI: "Pancasila, Harga Mati!"

Kompas.com - 09/05/2011, 12:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pancasila merupakan hal terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dalam dunia pendidikan, ideologi Pancasila menjadi modal awal menciptakan generasi muda menjadi insan yang terpadu.

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Sumantri, saat ditemui Kompas.com di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (6/5/20211). Berikut petikannya;

Sejauh apa peran ideologi Pancasila dalam dunia pendidikan tinggi saat ini?

Pancasila itu harga mati, tidak bisa ditawar. Wong, adanya negeri ini, adanya universitas ini, karena adanya Pancasila dan UUD 45.

Apakah peran ideologi itu semakin berkurang, belakangan NII masuk ke sendi-sendi pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, termasuk di UI. Bagaimana menurut Anda? 

Saya akui, saat ini banyak terjadi kasus yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, salah satunya fenomena gerakan Negara Islam Indonesia (NII) yang sudah merambah dalam institusi-institusi pendidikan. Di UI Indonesia sendiri, dulu sekitar lima sampai sepuluh mahasiswa pernah terjerumus gerakan NII,. Saat ini, gerakan NII sudah jauh berkurang di lingkungan kampus.

Memang benar, NII marak di UI itu dari lima tahun lalu, itu pada zaman saya masih menjadi dekan. Makanya, saya heran, kok baru sekarang digembor-gemborkan. Kita mah dari dulu sudah berjuang melawan NII di kampus.

Bagaimana UI mengatasi persoalan NII?

Pendidikan Kewarganegaraan harus diperkuat. Walaupun saat ini mata pelajaran Pancasila sudah tidak ada, namun nilai ideologi Pancasila masih tertuang dalam mata pelajaran lainnya, salah satunya dalam Kewarganegaraan.

Artinya, Pancasila tergantikan oleh Kewarganegaraan?

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com