Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlakuan Khusus yang Biasa Saja

Kompas.com - 10/05/2011, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Siswa berkebutuhan khusus lemah penglihatan atau low vision yang menjadi peserta ujian nasional tingkat sekolah dasar di wilayah DKI Jakarta sedikit mendapatkan pelayanan khusus. Para siswa itu disediakan naskah soal berbeda dengan naskah soal pada umumnya, yang disajikan dengan bentuk dan ukuran huruf lebih besar.

"Bentuk soalnya saya belum tahu, yang pasti ada amplop khusus untuk siswa low vision," kata Kepala SD Bethel, Erlyana, Selasa (10/5/2011) di Petamburan, Jakarta Pusat.

Namun, berdasarkan pantauan Kompas.com, dari bentuk fisik soal tersebut, yaitu paket 2 soal Bahasa Indonesia, ternyata naskah soal reguler dengan naskah untuk penderita low vision tidak ada perbedaan kecuali pada lembar soal yang lebih besar.

"Tadi sudah kami lihat bersama saat ujian berlangsung, tak ada perbedaan kecuali ukurannya. Saya rasa ukurannya sudah cukup membantu dan cara menjawabnya tidak akan mempersulit karena hanya memberi tanda X," ujar Erlyana.

Erlyana mengungkapkan, siswa yang tergolong low vision di sekolahnya hanya satu orang, yaitu Gita Alexandria. Gita diketahui menderita gangguan penglihatan saat beberapa waktu sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN).

"Setelah mengetahui ada siswa kami menderita low vision, kami segera lapor ke Dinas Pendidikan DKI. Saya juga secara langsung mengimbau agar para pengawas dapat lebih memerhatikannya," kata Erlyana.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Dinas Pendidikan mencatat, terdapat dua peserta UN tingkat SD yang menderita low vision. Selain Gita Alexandria, siswa lainnya adalah Hansen, siswa SD Cahaya Jaya, Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com