Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaring Siswa Unggul, NTT Gelar Olimpiade Sains

Kompas.com - 10/05/2011, 12:23 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Lomba Olimpiade Nasional Tingkat Sekolah Menengah Atas digelar di SMAK Pancasila Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/5/2011).

Lomba Olimpiade Sains Nasional dengan delapan bidang mata pelajaran, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Ekonomi, astronomi dan Kebumian menjaring siswa SMA se-Kabupaten Manggarai Timur.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) mengakui, siswa dan siswi di tingkat SMA di Manggarai Timur belum menunjukkan prestasi yang gemilang dalam bidang sains. Siswa dan siswi yang menang lomba sains Nasional di Kabupaten selalu kalah di tingkat Provinsi.

Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Fransiskus Jerau di Borong. Ia pun menjelaskan, kekalahan di tingkat provinsi mengakibatkan hingga kini belum ada pelajar di wilayahnya yang memiliki prestasi tingkat nasional. “Lomba Olimpiade Sains Nasional ini memacu kualitas siswa dan siswi di bidang sains untuk Kabupaten Manggarai Timur,” jelasnya.

Jerau mengakui, kendala yang dihadapi siswa dan siswi di Kabupaten Manggarai Timur tidak memiliki prestasi di bidang sains disebabkan fasilitas di sekolah kurang memadai serta kendala dari guru bidang mata pelajaran sains dan biaya. Selain itu, buku-buku petunjuk untuk lomba Olimpiade Sains Nasional masih sangat terbatas.

Pada prinsipnya, kata Jerau, OSN menjadi motivator dan inspirator bagi siswa dan siswi di bidang sains agar mereka mampu bersaing dengan siswa dan siswi dari daerah lain. “Ada 11 Sekolah Menengah Atas yang mengutus siswa dan siswi untuk ikut Lomba Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten Manggarai Timur,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com