Jaring Siswa Unggul, NTT Gelar Olimpiade Sains

Kompas.com - 10/05/2011, 12:23 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BORONG, KOMPAS.com - Lomba Olimpiade Nasional Tingkat Sekolah Menengah Atas digelar di SMAK Pancasila Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/5/2011).

Lomba Olimpiade Sains Nasional dengan delapan bidang mata pelajaran, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Ekonomi, astronomi dan Kebumian menjaring siswa SMA se-Kabupaten Manggarai Timur.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) mengakui, siswa dan siswi di tingkat SMA di Manggarai Timur belum menunjukkan prestasi yang gemilang dalam bidang sains. Siswa dan siswi yang menang lomba sains Nasional di Kabupaten selalu kalah di tingkat Provinsi.

Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Fransiskus Jerau di Borong. Ia pun menjelaskan, kekalahan di tingkat provinsi mengakibatkan hingga kini belum ada pelajar di wilayahnya yang memiliki prestasi tingkat nasional. “Lomba Olimpiade Sains Nasional ini memacu kualitas siswa dan siswi di bidang sains untuk Kabupaten Manggarai Timur,” jelasnya.

Jerau mengakui, kendala yang dihadapi siswa dan siswi di Kabupaten Manggarai Timur tidak memiliki prestasi di bidang sains disebabkan fasilitas di sekolah kurang memadai serta kendala dari guru bidang mata pelajaran sains dan biaya. Selain itu, buku-buku petunjuk untuk lomba Olimpiade Sains Nasional masih sangat terbatas.

Pada prinsipnya, kata Jerau, OSN menjadi motivator dan inspirator bagi siswa dan siswi di bidang sains agar mereka mampu bersaing dengan siswa dan siswi dari daerah lain. “Ada 11 Sekolah Menengah Atas yang mengutus siswa dan siswi untuk ikut Lomba Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten Manggarai Timur,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.