Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSBI Sudah Menggelar Tes Masuk

Kompas.com - 10/05/2011, 13:18 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tes potensi akademis penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2011/2012 pada rintisan sekolah bertaraf internasional tingkat sekolah menengah atas dilangsungkan mulai Selasa (10/5/2011) ini. Ada empat mata pelajaran yang diujikan dalam TPA tersebut, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

"Semua soal dibuat langsung oleh perhimpunan sekolah RSBI (rintisan sekolah bertaraf internasional) dan semua menggunakan soal yang sama," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 70 Achmad Safari, Senin di Jakarta.

Sebelum mengikuti tes potensi akademis (TPA), siswa diwajibkan mendaftar secara online dan melakukan verifikasi seluruh prasyarat administrasi di sekolah tujuan. Selain melakukan pendaftaran online, siswa juga harus memasukkan nilai rapor dari semester I sampai semester V dengan nilai rata-rata harus di atas 7.

"Siswa yang berhak mengikuti TPA hanya mereka yang lolos pada tahap seleksi berkas," kata Achmad.

Achmad mengatakan, TPA berguna untuk menyaring peserta didik sebanyak 110 persen dari daya tampung sekolah. Daya tampung itu termasuk di dalamnya 5 persen untuk peserta didik dari luar DKI Jakarta.

"TPA itu untuk menerima 110 persen pendaftar. Dari 615 peserta didik yang mendaftar, 352 siswa lolos verifikasi. Itu karena daya tampung sekolah kami hanya 320 siswa," kata Achmad.

Mengenai bobot penilaiannya, masing-masing sekolah menggunakan rumus nilai hasil TPA 60 persen dan nilai ujian nasional (UN) 40 persen. Jika pada nilai akhir ditemukan kesamaan pada batas maksimum di sekolah masing-masing, dilakukan urutan langkah pada perbandingan nilai UN di setiap mata pelajaran yang lebih besar dengan urutan Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

Adapun SMA RSBI yang melaksanakan TPA penerimaan peserta didik baru pada hari ini ialah SMAN 70, SMAN 28, SMAN 68, SMAN 61, SMAN 13, SMAN 81, SMAN 21, SMAN 3, SMAN 78, dan SMAN 8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com