Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Beasiswa Lulusan SMA ke Jepang!

Kompas.com - 10/05/2011, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Jepang membuka pendaftaran bagi siswa-siswi lulusan SMA Indonesia untuk mendapatkan beasiswa kuliah mulai tahun akademik 2012 dari Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang itu ditawarkan untuk menempuh studi jenjang D-2, D-3, dan S-1.

Bagi yang berminat, pelamar bisa mengambil formulir pendaftaran di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan, serta Kantor Konsuler Jepang di Makassar mulai 9 Mei. Usia pelamar diutamakan harus lahir antara tanggal 2 April 1990 dan 1 April 1995, memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0 untuk program D-2 dan D-3. Adapun untuk program S-1 nilai minimalnya adalah 8,4.

Bagi pelamar di luar wilayah kantor Kedutaan Besar atau Konsulat Jepang tetap bisa mendaftar. Mereka dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Jepang di Jl MH Thamrin 24, Jakarta Pusat, 10350, atau ke konsulat di Surabaya, Medan, dan Makassar.

Adapun surat harus berisi nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, program pilihan (D-2< D-3< atau S-1), tiga bidang studi yang ingin dipelajari, serta lampiran fotokopi rapor, ijazah, serta nilai ijazah. Pelamar yang lolos syarat administrasi akan dipanggil untuk mengikuti sesi wawancara.

Pengembalian formulir paling lambat 10 Juni 2011. Seiko Namba, Atase Pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Selasa (10/5/2011), mengatakan pelamar yang lolos akan belajar bahasa Jepang selama enam bulan.

Untuk informasi lebih lanjut, pelamar bisa menghubungi Kedutaan Besar Jepang Bagian Pendidikan di 021-3192-4308 Ext 175, 176. Informasi lebih jelas juga bisa dilihat di http://www.id.emb-japan.go.jp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com