Kenapa Juga Harus ke Malaysia?

Kompas.com - 10/05/2011, 15:00 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Seperti halnya Singapura sebagai negara tetangga terdekat, Malaysia juga banyak dilirik pelajar Indonesia untuk dijadikan negara tujuan studi. Kenapa, ya?

Perguruan tinggi di Malaysia lebih banyak didominasi swasta (private higher education instituions/PHEIs). Universitas negeri di Negeri Jiran ini ada 11, ditambah beberapa public university college.

Ada dua jenis perguruan tinggi swasta di Malaysia, yaitu universitas dan non-universitas. Perguruan tinggi swasta non-universitas bisa berbentuk sekolah tinggi atau lembaga pendidikan sejenis.

Ada juga universitas yang dikelola lembaga pendidikan tinggi lokal, ada pula yang berbentuk cabang dari perguruan tinggi asing. Adapun perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan universitas luar negeri, umumnya memberi gelar ganda, lokal dan internasional.

Adapun biaya per tahun (dalam ringgit) kuliah di Malaysia sebagai berikut:

- Uang kuliah: 25.000 - 35.000

- Akomodasi, kamar untuk satu-dua orang: 300 - 400

- Makan, transportasi, dan sebagainya: 600 - 700

- Pengeluaran untuk biaya hidup selama satu tahun sebesar: 13.000 - 15.000 ringgit.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X