Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Pameran Pendidikan Jepang di 3 Kota

Kompas.com - 10/05/2011, 18:58 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.Com - Ingin mendapat informasi langsung tentang peluang kuliah di Jepang dari perguruan tinggi di Jepang secara langsung? Akhir pekan ini 13 perguruan tinggi Jepang hadir dalam pameran Peluang Baru Studi di Jepang, yang berlangsung di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

 

Seiko Namba, atase Pers Kedutaan besar Jepang untuk Indonesia, di Jakarta, Selasa (10/5), mengatakan, pameran di Jakarta dilaksanakan Sabtu (14/5) di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Jakarta. Pameran serupa dilaksanakan di Bandung pada hari Minggu, bertempat di Aula Timur Institut Teknologi Bandung. Adapun di Yogyakarta pada hari Selasa (17/5/2011) di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.

 

Pemerintah Jepang sedang gencar untuk meningkatkan jumlah siswa asing dengan target sampai 300.000 mahasiswa. Kemnetrian Pendidikan Kebudayaan Olahraga Ilmu Pengetahaun dan Teknologi Jepang meluncurkan "Global 30" yakni proyek pendirian untuiversitas inti untuk internasionalisasi.

 

Sebanyak 13 perguruan tinggi negeri dan swasta yang hadir di Indonesia pada tahun 2009, dipilih sebagai lembaga inti untuk menerima dan mendidik siswa asing. Universitas-universitas ini memainkan peran utama dalam meningkatkan secara dramatis jumlah siswa asing yang dididik di Jepang dan mahasiswa Jepang yang belajar ke luar negeri.

 

Banyak mata kuliah yang ditawarkan dalam bahasa inggris di 13 universitas terpilih, di bawah Proyek "Global 30". Seiko mengatakan, bidang teknik, teknologi ramah lingkungan, hingga manajemen bencana, termasuk bidang studi unggulan di Jepang.

 

Dalam pameran peluang baru studi di Jepang, perguruan tinggi yang hadir yakni Universitas Tohoku, Universitas Tsukuba, Universitas Tokyo, Universitas Nagoya, Universitas Kyoto, Universitas Osaka, Universitas Kyusu (semuanya perguruan tinggi milik pemerintah).

Sementara perguruan tinggi swasta yakni Universitas Keio, Universitas Sophia, Universitas Meiji, Universitas Waseda, Universitas Doshisha, dan Universitas Ritsumeikan.

 

Untuk mempelajari berbagai aspek tentang belajar di Jepang dapat dilihat di website jump (Japanese Universities for Motivated People atau Universitas di Jepang untuk Orang Termotivasi http://www.uni.international.mext.go.jp. Di sini juga diperkenalkan kuliah-kuliah berbahasa Inggris yang ditawarkan universitas terkemuka di jepang da memuat informasi dasar tentang studi di Jepang.

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com