Asyik, Belajar Bahasa Tanpa Harus Mahal

Kompas.com - 11/05/2011, 09:50 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com — Cerita tentang keunikan yang datang dari Kampong Bahasa, Pare, Kediri, seolah tak pernah ada habisnya. Kini, satu lagi cerita soal betapa ekonomisnya belajar bahasa Inggris di Kampong Bahasa akan diungkap.

Antimahal. Itulah kata yang paling pas disandang kampung unik ini. Memang, biaya yang harus dikeluarkan pelajar yang hendak mengasah kemampuan bahasanya di kampung ini berbeda-beda, tergantung program belajar. Tetapi toh, biayanya tetap terbilang murah.

Di lembaga kursus Dinamic English Course (DEC) yang terletak di Jalan Flamboyan, misalnya, ada beberapa program yang ditawarkan. Mulai dari English For Students (EFS) yang diperuntukkan bagi siswa SD hingga SMA. Pada program yang menitikberatkan materi vocabulary, pronunciation, pre-speaking, hingga persiapan ujian nasional, biaya pendidikannya mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per bulan, dengan pertemuan tiga kali seminggu dan durasi 90 menit per pertemuan. 

Untuk General English Program (GEP) dengan materi grammar, speaking, listening, vocabulary, hingga writing, biaya kursusnya hanya Rp 100.000. Lama belajar tiga bulan dengan empat kali pertemuan setiap hari. "Untuk setiap program, biaya pendaftarannya Rp 50.000 dengan fasilitas modul, sertifikat, dan T-shirt," ujar Farid, salah satu pengelola. 

Berbeda lagi dengan lembaga Smart International Language, yang juga terletak di Jalan Flamboyan. Untuk program speaking, mereka memasang harga mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 90.000.

Sementara untuk program pemantapan pronunciation, grammar, translate, dan listening biaya registrasinya Rp 60.000 hingga Rp 150.000. Sedangkan biaya SPP untuk kesemua program sebesar Rp 10.000 per bulan, dengan fasilitas gratis biaya sertifikat. "Persyaratannya mudah kok, hanya pas foto, mengisi formulir, dan melunasi biaya program yang diambil," ujar Anisa, seorang officer smart

Lalu apakah ada lembaga yang mempunyai program TOEFL? Namanya juga Kampong Bahasa, jadi hampir semua lembaga mempunyai program TOEFL. Pada lembaga kursus DEC, program TOEFL ditempuh selama dua bulan dengan jumlah pertemuan dua kali sehari masing-masing 90 menit. Total biayanya sebesar Rp 190.000. 

Sementara di lembaga Smart, ada dua program yang berkenaan dengan TOEFL, yaitu Pre-TOEFL, dengan intensitas pertemuan sebanyak 104 kali dalam sebulan dan total biaya Rp 175.000, dan program TOEFL yang ditempuh selama satu bulan, sehari satu kali pertemuan, dan total biaya Rp 175.000. 

Beberapa lembaga di Pare membebaskan pelajar untuk memilih program yang dikehendaki. Namun, ada pula lembaga yang menyediakan dalam satu paket program, misalnya Basic English Course (BEC). Lembaga yang terletak di Jalan Anyelir ini membagi programnya dalam tiga level, yaitu Basic Training Class (BTC) yang ditempuh selama sebulan, lalu naik level menjadi Candidates of Training Class (CTC) yang ditempuh selama dua bulan, dan terakhir Training Class (TC). 

Ketiga program tersebut saling melengkapi satu dan lainnya. Total biaya paket yang disediakan lembaga kursus tertua, berdiri sejak 1975, ini sebesar Rp 750.000.

Di akhir program, lembaga yang mengklaim telah mempunyai alumnus lebih dari 17.000 orang ini mengharuskan siswanya menempuh ujian praktik speaking untuk menentukan berhak-tidaknya mendapat sertifikat. "Di sini memang menjunjung tinggi kedisiplinan," ujar Atik Rohima Izzati, peserta kursus di BEC. 

Demikianlah sekelumit gambaran tentang biaya pendidikan dari beberapa contoh lembaga saja. Masih banyak lagi lembaga yang menawarkan berbagai program lainnya. Namun, sekali lagi, apa pun program tersebut, rata-rata biaya pendidikan di sana cukup terjangkau. 

Jadi, belajar bahasa tidak harus mahal, bukan? 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.