UN Berjalan Lancar meski Ada Tapinya

Kompas.com - 11/05/2011, 13:38 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah dasar di wilayah DKI Jakarta berjalan lancar. Dari pantauan Kompas.com, Rabu (11/5/2011) pagi di beberapa SD di wilayah DKI Jakarta, ujian nasional dilaksanakan tanpa ada kendala.

"Ujian di sekolah kami berjalan lancar," kata Kepala SD Bethel, Erlyana, Rabu pagi di Jakarta.

Meski demikian, Erlyana berharap pada ujian nasional (UN) selanjutnya Dinas Pendidikan DKI dapat memberikan lembar jawaban dengan cetakan yang lebih tebal. Hal itu mengingat ada seorang siswi di sekolah tersebut yang tergolong siswa berkebutuhan khusus kategori lemah penglihatan (low vision).

"Saat ini lembar jawabannya sudah lebih besar. Akan lebih baik lagi jika cetakannya bisa lebih dipertebal," kata Erlyana.

Ditemui secara terpisah, Kepala SDN 03 Pagi Petamburan, Jakarta Pusat, Maryatul Kiftiah, mengatakan hal yang sama. Menurut dia, pelaksanaan UN di sekolahnya juga berjalan lancar tanpa kendala apa pun.

"Pelaksanaan UN lancar, keadaan aman dan terkendali," kata Maryatul.

Pada pelaksanaan UN hari pertama, Senin (9/5/2011), lanjut Maryatul, pemantauan dilakukan dari pejabat di atas sampai turun ke sekolah serta panitia dan pengawas dari sekolah lain (pengawas silang). Semua terlaksana dengan aman dan kondusif.

Maryatul menjelaskan, di sekolahnya terdapat 57 siswa yang tercatat sebagai peserta UN dan semuanya hadir mengikuti UN sejak hari pertama. Ia berharap, para siswa dapat menyelesaikan UN tanpa halangan apa pun.

"Saya harap tidak ada yang sakit sampai UN berakhir," ujar Maryatul.

Mengenai naskah UN, setiap hari kepala sekolah didampingi pengawas dan dua saksi mengambil soal di subrayon untuk dibawa ke sekolah.

"Kami membentuk tim khusus untuk mempersiapkan UN. Ada juga tim yang mengambil naskah soal, dan kami pastikan semuanya aman tersegel," kata Maryatul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.