Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau, Kuliah Berbahasa Inggris di Jepang?

Kompas.com - 11/05/2011, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang sedang gencar meningkatkan jumlah siswa asing dengan target sampai 300.000 mahasiswa. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Olahraga Ilmu Pengetahaun dan Teknologi Jepang meluncurkan "Global 30", yakni proyek pendirian universitas inti sebagai program internasionalisasi.

Sebanyak 13 perguruan tinggi negeri dan swasta yang hadir di Indonesia pada 2009 telah dipilih sebagai lembaga inti untuk menerima dan mendidik siswa asing. Universitas-universitas ini memainkan peran utama dalam meningkatkan secara dramatis jumlah siswa asing yang dididik di Jepang dan mahasiswa Jepang yang belajar di luar negeri.

Seiko Namba, Atase Pers Kedutaan besar Jepang untuk Indonesia, di Jakarta, Selasa (10/5/2011) kemarin, mengatakan bahwa banyak mata kuliah ditawarkan dalam bahasa Inggris di 13 universitas terpilih di bawah Proyek "Global 30" ini. Seiko mengatakan, bidang teknik, teknologi ramah lingkungan, hingga manajemen bencana, termasuk bidang studi unggulan di Jepang.

Diberitakan sebelumnya, Selasa (10/5/2011), Kedutaan Besar Jepang telah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi lulusan SMA Indonesia untuk mendapatkan beasiswa kuliah mulai tahun akademik 2012 dari Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang itu ditawarkan untuk menempuh studi jenjang D-2, D-3, dan S-1.

Bagi yang berminat, pelamar bisa mengambil formulir pendaftaran di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan, serta Kantor Konsuler Jepang di Makassar mulai 9 Mei. Usia pelamar diutamakan harus lahir antara tanggal 2 April 1990 dan 1 April 1995, memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0 untuk program D-2 dan D-3. Adapun untuk program S-1 nilai minimalnya adalah 8,4. (ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com