Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Simak UI Dibuka 3 Juni!

Kompas.com - 13/05/2011, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) akan berlangsung 3-24 Juni 2011 untuk memperoleh kesempatan kuliah di jenjang Sarjana Reguler (S-1), Sarjana Paralel (S-1), Sarjana Kelas Internasional (S-1 Kelas Internasional), serta Vokasi (D3). Ujian tertulis akan dilaksanakan pada 3 Juli 2011.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengungkapkan, program Sarjana Reguler (S-1) menyediakan 25 program studi di bidang IPA seperti Pendidikan Dokter, Teknik Industri, Ilmu Komputer, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat), serta 30 program studi di bidang IPS, meliputi Ilmu Hukum, Sastra Inggris, Manajemen, Hubungan Internasional dan lain-lainnya. Sementara program studi Vokasi (D-3) menawarkan 15 program studi seperti, Administrasi perpajakan, Akuntansi Teknologi, Okupasi Terapi dan Pariwisata.

"Untuk mahasiswa atau mahasiswi program sarjana reguler atau S-1, baik melalui SNMPTN (jalur undangan atau ujian tertulis) maupun SIMAK UI akan berpeluang mendapatkan keringanan biaya," ujar Vishnu kepada Kompas.com, Jumat (13/5/2011).

Vishnu mengatakan, keringanan biaya tersebut ditawarkan melalui skema Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan dan berbagai macam beasiswa yang berasal dari universitas maupun beasiswa prestasi dari mitra UI. Ia menambahkan, saat ini lebih dari 80 persen mahasiswa S-1 reguler membayar SPP di bawah biaya pendidikan yang mencapai di atas 8.000 mahasiswa.

"Proses mendapatkan keringanannya dilakukan setelah calon mahasiswa diterima oleh UI," kata Vishnu.

Sementara itu, untuk program sarjana Kelas Internasional, baik Gelar Tunggal maupun Gelar Ganda (dual degree), UI bekerjasama dengan universitas mitra luar negeri yang memiliki kualifikasi ternama dunia. Universitas mitra tersebut di antaranya Monash University, Univesity of Melbourne, Deakin University, University of Amsterdam dan University of Groningen.

"Untuk program sarjana kelas internasional double degree ini mahasiswa akan mendapatkan gelar ganda dan pengalaman studi dari UI dan universitas mitra," papar Vishnu.

Ia menambahkan, saat ini dalam rangka memantapkan posisinya di salah satu jajaran perguruan tinggi terunggul di kawasan Asia, UI terus meningkatkan kerjasama luar negeri melalui bermacam bentuk riset maupun akademik dengan berbagai universitas unggulan di Eropa maupun Amerika Serikat (AS).

"Secara internal kami juga memperkuat infrastruktur pendidikan dengan melakukan pembangunan fasilitas berkelas internasional," ujarnya.

Salah satu penguatannya, lanjut Vishnu, UI telah membangun perpustakaan UI yang dikenal dengan nama "the Crystal of Knowledge". Perpustakaan berukuran 33.000 meter di lahan seluas 2,5 hektar itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juli mendatang.

"Akan menampung sebanyak 3-5 juta buku sehingga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Asia," tambah Vishnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com