Akhirnya... Perpustakaan UI Diresmikan!

Kompas.com - 13/05/2011, 20:58 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Perpustakaan yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia, Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia atau The Crystal Knowledge, akhirnya diresmikan, Jumat (13/5/2011). Gedung perpustakaan berlantai delapan dengan tiga menara itu diperkirakan sanggup menampung 20.000 orang per hari.

Agenda pembukaan perpustakaan dimulai pukul 09.00 dengan acara syukuran tumpengan jajaran Rektorat Universitas Indonesia (Rektorat UI), mahasiswa UI, dan masyarakat umum. Setelah pembukaan, gedung perpustakaan yang dibuka hingga pukul 15.00 tadi itu dipenuhi pengunjung perpustakaan untuk sekadar melihat ataupun menikmati beberapa fasilitas yang disediakan, seperti layanan internet.

Adapun perpustakaan dapat dinikmati lagi setelahnya, yaitu mulai Senin (16/5/2011). Jadwal buka perpustakaan tersebut dikabarkan 24 jam sehari selama seminggu penuh.

Namun, setelah melihat keterangan di situs resminya, www.lib.ui.ac.id, perpustakaan memiliki jadwal buka sebagai berikut: Senin-Jumat: 08.30-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu: 09.00-15.00 WIB.

Untuk sementara ini, hingga berfungsi seluruhnya pada Agustus 2011, layanan perpustakaan yang dapat dinikmati adalah ruang baca, ruang komputer, koneksi internet hotspot (dengan akun UI), ruang diskusi, kubikus, dan tempat pengembalian koleksi yang sedang dipinjam oleh pengguna perpustakaan. Adapun peminjaman baru akan dapat dilayani setelah semua koleksi dari semua perpustakaan fakultas dipindahkan, yaitu pada Agustus 2011.

Perpustakaan yang memiliki luas bangunan sekitar 33.000 meter persegi ini dapat menampung antara 3 juta dan 5 juta buku. Selain dilengkapi sekitar 100 silent-room bagi dosen dan mahasiswa untuk kepentingan produktivitas akademisi kampus, dikabarkan pula bahwa perpustakaan ini akan dilengkapi sarana toko buku, kafetaria, studio musik, pusat kebugaran, bioskop, serta studio penyiaran radio dan televisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.