Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya... Perpustakaan UI Diresmikan!

Kompas.com - 13/05/2011, 20:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perpustakaan yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia, Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia atau The Crystal Knowledge, akhirnya diresmikan, Jumat (13/5/2011). Gedung perpustakaan berlantai delapan dengan tiga menara itu diperkirakan sanggup menampung 20.000 orang per hari.

Agenda pembukaan perpustakaan dimulai pukul 09.00 dengan acara syukuran tumpengan jajaran Rektorat Universitas Indonesia (Rektorat UI), mahasiswa UI, dan masyarakat umum. Setelah pembukaan, gedung perpustakaan yang dibuka hingga pukul 15.00 tadi itu dipenuhi pengunjung perpustakaan untuk sekadar melihat ataupun menikmati beberapa fasilitas yang disediakan, seperti layanan internet.

Adapun perpustakaan dapat dinikmati lagi setelahnya, yaitu mulai Senin (16/5/2011). Jadwal buka perpustakaan tersebut dikabarkan 24 jam sehari selama seminggu penuh.

Namun, setelah melihat keterangan di situs resminya, www.lib.ui.ac.id, perpustakaan memiliki jadwal buka sebagai berikut: Senin-Jumat: 08.30-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu: 09.00-15.00 WIB.

Untuk sementara ini, hingga berfungsi seluruhnya pada Agustus 2011, layanan perpustakaan yang dapat dinikmati adalah ruang baca, ruang komputer, koneksi internet hotspot (dengan akun UI), ruang diskusi, kubikus, dan tempat pengembalian koleksi yang sedang dipinjam oleh pengguna perpustakaan. Adapun peminjaman baru akan dapat dilayani setelah semua koleksi dari semua perpustakaan fakultas dipindahkan, yaitu pada Agustus 2011.

Perpustakaan yang memiliki luas bangunan sekitar 33.000 meter persegi ini dapat menampung antara 3 juta dan 5 juta buku. Selain dilengkapi sekitar 100 silent-room bagi dosen dan mahasiswa untuk kepentingan produktivitas akademisi kampus, dikabarkan pula bahwa perpustakaan ini akan dilengkapi sarana toko buku, kafetaria, studio musik, pusat kebugaran, bioskop, serta studio penyiaran radio dan televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com