Siswa Nekat Konvoi, Sekolah Tahan Ijazah

Kompas.com - 14/05/2011, 17:19 WIB
EditorLatief

MALANG, KOMPAS.com — Pengumuman kelulusan tingkat SMA/SMK/MA untuk wilayah Kota Malang, Jawa Timur, serentak akan dilaksanakan pada Senin (16/5/2011). Dinas Pendidikan Kota Malang mengeluarkan larangan kepada para siswa untuk menggelar konvoi.

Dinas Pendidikan menegaskan, jika diketahui ada siswa menggelar konvoi di jalanan, Disdik Kota Malang akan memberikan sanksi tegas, yaitu menahan ijazah para siswa.

"Kalau ketahuan, ijazahnya akan ditahan," tegas Kepala Dinas Kota Malang Sri Wahyuningtyas, Sabtu (14/5/2011).

Menurutnya, pihaknya sudah mengedarkan surat resmi kepada semua kepala sekolah terkait upaya antisipasi konvoi di jalan raya. Beberapa imbauan dari Dispendik itu, antara lain, hasil ujian diumumkan dengan mengundang orangtua atau wali murid atau melalui surat yang ditujukan kepada alamat orangtua siswa bersangkutan.

"Kedua, mengimbau kepada semua orangtua agar pada waktu pengumuman tidak memberi izin kepada anaknya menggunakan sepeda motor sehingga tidak menggelar konvoi bersama teman-temannya," ujarnya.

Selanjutnya, Dispendik juga mengimbau agar siswa menyerahkan baju seragam sekolah secara sukarela untuk disumbangkan kepada murid yang lebih membutuhkan.

"Karena tak sedikit anak warga miskin yang membutuhkan seragam itu, daripada tidak dipakai lagi," katanya.

Ia mengatakan, pengumuman hasil UN SMA/sederajat itu baru akan diumumkan pada Senin siang. Pada Sabtu (14/5/2011) malam, pihak Dispendik bersama perwakilan kepala sekolah akan baru akan menjemput hasil pengumuman UN SMA di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Yuyun juga menyarankan dan sekaligus berharap siswa tidak datang ke sekolah, cukup diwakili oleh orangtua. Hal itu bisa menjadi bentuk antisipasi agar anaknya tidak konvoi.

"Hari ini undangan kepada orangtua siswa mulai disebarkan," kata Wahyuningtyas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.