Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

101 Siswa di Sulbar Tidak Lulus UN

Kompas.com - 16/05/2011, 08:51 WIB

SULAWESI BARAT, KOMPAS.com - Sebanyak 101 siswa dari 11.790 peserta Ujian Nasional tingkat SMA dan SMK sederajat di Sulawesi Barat yang digelar 25 April lalu dinyatakan tidak lulus ujian nasional.

63 siswa atau 1,54 persen yang tidak lulus adalah siswa tingkat SMK dari total 4.099 peserta. Sementara tingkat SMA dan MA sederajat 38 siswa dari 7.691 peserta dinyatakan tidak lulus atau 0,49 persen.

Pengumuman hasil UN secara resmi memang baru akan diumumkan hari ini, Senin, (16/5/2011). Namun data kelulusan siswa di tangan panitia sudah bisa diketahui publik.

Data yang diperoleh dari Disdikpora Polewali Mandar, untuk peserta UN SMA dan SMK sebanyak 4256, yang tidak lulus hanya 13 orang. Terdiri dari empat siswa SMA dan 9 siswa SMK.

Persentase kelulusan di Polewali tahun ini cukup meningkat di mana kelulusan tingkat SMA mencapai 99,84 persen, dan SMK 99, 44 persen. Untuk empat siswa SMA yang dinyatakan tidak lulus masing-masing dari 1 orang SMU 2 Polewali, 1 orang SMU Wonomulyo, 1 orang SMU YPPP, dan 1 orang dari MA Hasan Yamani.

Sedangkan untuk siswa SMK sebanyak 9 orang terdiri dari 3 orang SMKN 1 Polewali, 1 orang SMKN Campalagian, 1 SMK DDI, 3 orang SMK Rea Timur, dan 1 SMK Paku.

Kepala bidang Dikmen Disdikpora Polewali Mandar, Marsawal kepada wartawan Minggu (15/5/2011) mengatakan, persentase kelulusan siswa tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya karena siswa yang tidak lulus hanya 13 orang.

"Sebelumnya diperkirakan akan banyak siswa yang tidak lulus melihat soal yang disajikan kepada siswa ada lima paket. Sedangkan tahun sebelumnya hanya dua paket. Akan tetapi, dengan kondisi kelulusan yang ada membuktikan bahwa kerja keras yang dilakukan siswa dan tenaga pendidik selama ini tidak sia-sia," kata Marsawal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com