Lulus UN,Sobek Rok danKonvoi Pelat Merah

Kompas.com - 16/05/2011, 10:59 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Konvoi kelulusan siswa tingkat SMA sederajat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, diwarnai dengan aksi corat-coret baju seragam sekolah dan juga kebut-kebutan motor.

Pemandangan itu tampak di setiap ruas jalan di jantung kota Pamekasan. Kerumunan peserta konvoi paling padat di depan kantor Bupati Pamekasan dan DPRD Pamekasan. Konvoi dikawal oleh aparat kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan sehingga beberapa ruas jalan sempat terjadi kemacetan.

Dari ratusan peserta konvoi motor, ada beberapa siswa yang menggunakan motor dengan pelat nomor merah. Motor yang digunakan para siswa jenis Honda Win, motor operasional kepala desa.

Bahkan, sebagian siswi peserta konvoi ada yang beraksi dengan menyobek rok dan baju seragamnya. Tidak hanya itu, mereka ada yang terang-terangan merokok di depan peserta konvoi lainnya. 

Slamet Gustiantoko, Kepala Seksi Pembelajaran SMA/SMK dan MA Dinas Pendidikan Pamekasan, mengatakan, siswa yang tidak lulus didominasi oleh sekolah swasta. "Mereka praktis akan mengikuti ujian nasional tahun depan, atau mereka ikut ujian nasional Paket C," kata Slamet Gustiantoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.