Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Telusuri Ketidaklulusan di SMA 78

Kompas.com - 16/05/2011, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil kelulusan ujian nasional (UN) SMA Negeri 78 Jakarta akan diperiksa ulang oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Hal tersebut terkait dengan satu siswa yang diinformasikan tidak lulus UN 2011.

"Kami akan segera telusuri lagi masalah tersebut karena sebenarnya data-data tersebut sudah final. Tapi, akan tetap diperiksa lagi karena ada beberapa sekolah yang sempat harus dikoreksi juga tadi," kata Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Abdul Hamid, ketika dihubungi Kompas.com, Senin (16/5/2011).

Ia menambahkan, kejadian serupa juga terjadi di SMA Kristen BPK Penabur 6 Jakarta. Sebelumnya, sepuluh murid program IPS dari sekolah tersebut dinyatakan tidak lulus. Ternyata, setelah diperiksa kembali, terjadi kesalahan sehingga saat ini Disdik DKI Jakarta sedang mengoreksi ulang.

"Begitu pula dengan masalah ini, kami akan telusuri kembali. Nanti kami akan informasikan kembali," ujar Hamid.

Seperti diberitakan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Agus Suradika, di Jakarta, Senin (16/5/2011), beberapa sekolah unggulan yang berhasil lulus 100 persen di DKI Jakarta adalah SMAN 8, SMAN 70, SMAN 6, SMAN 81, SMA Santa Ursula, SMA Kristen BPK Penabur 1, dan beberapa lainnya.

Sayangnya, berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, SMAN 78 gagal menembus angka kelulusan 100 persen lantaran salah satu siswa dari program IPA dinyatakan tidak lulus UN tahun ini (baca: SMAN 78 Jakarta, Satu Siswa Tak Lulus).

Sempat berkembang informasi, siswa SMAN 78 tersebut bukan tidak lulus UN, melainkan hanya nilai Matematika-nya masih tertunda atau belum keluar. Sementara itu, data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, satu siswa program IPA dari SMA tersebut menyatakan tidak lulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com