10.000 Bangku Kosong di SNMPTN Undangan

Kompas.com - 17/05/2011, 22:24 WIB
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Herry Suhardiyanto menyebutkan, ada sedikitnya 10.561 peserta jalur undangan SNMPTN yang tidak lolos seleksi.

"Analisa saya, jumlah tersebut terjadi karena daya tampung yang terlalu banyak dibandingkan prediksi yang diatur oleh panitia. Peserta seleksi pada jalur undangan yang dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi standar kompetisi di program studi berdasarkan prestasi dan peringkat akademik sekolah," kata Herry, Selasa (17/5/2011) malam, di Jakarta.

Herry mengemukakan, peserta yang tidak lolos seleksi tersebut dapat mengikuti ujian tertulis di perguruan tinggi negeri pada 31 Mei dan 1 Juni 2011. Peserta yang diterima dalam jalur undangan bisa memilih program studi yang dipilihnya. Jika hendak mengganti program studi pilihannya, peserta dapat menempuh jalur ujian tertulis dengan catatan harus melepas tiket undangannya.

Panitia Pusat SNMPTN, Selasa tengah malam ini akan mengumumkan hasil seleksi jalur undangan. Pengumuman dapat diakses melalui http://www.snmptn.ac.id mulai pukul 24.00 WIB atau memasuki hari Rabu (18/5/2011).

Berdasarkan hasil seleksi melalui dua tahap (undangan dan tertulis), jumlah peserta seleksi jalur undangan yang dinyatakan lolos dan diterima di PTN seluruh Indonesia sebanyak 46.706 peserta atau 20 persen dari semua pendaftar atau peserta seleksi yang mencapai 232.948 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.