Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Honorer Ancam Golput

Kompas.com - 18/05/2011, 12:01 WIB

BANDUNG, KOMPAS - Sekitar 300 orang guru honorer dari beberapa wilayah di Jawa Barat melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Sate, Bandung, Rabu (18/5/2011). Dalam aksinya, para guru ini menyuarakan perbaikan nasib. Mereka rmengeluarkan ancaman bakal tidak menggunakan hak politik alias "golput" dalam pemilihan  Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang.

Dalam siaran pers yang dibagikan, para guru honorer menuntut pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan guru honorer, khususnya di sekolah swasta. Selama ini, mereka mengaku statusnya kurang jelas karena diangkat kepala sekolah dan upahnya di bawah upah minimum daerah.

Ketua Federasi Guru Honorer Jawa Barat, Tia Irawan Diredja, menuturkan, nasib guru honorer bak bumi dan langit dengan guru PNS yang dihujani tunjangan dari pemerintah.

"Saat ini kami hanya menerima tunjangan fungsional sebesar Rp 200.000 per bulan yang diserahkan tiap enam bulan," katanya.

Para guru honorer juga menanti realisasi janji kampanye Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Tia menuturkan, saat kampanye Ahmad Heryawan pernah berjanji untuk menyamakan upah guru honorer dengan guru PNS di Jakarta. Saat itu, upah guru honorer di Jakarta mencapai Rp 2 juta per bulan, sementara di Jabar belum ada tunjangan dari pemerintah provinsi.

Dia mengancam, bila tidak ada perhatian dari pemerintah hingga akhir tahun ini, guru honorer akan tidak menggunakan hak politik mereka dalam pemilu gubernur mendatang.

"Kalau perlu sampai tingkat nasional, provinsi lain sudah menyatakan siap bergabung," kata Tia.

Rombongan guru peserta aksi ini datang sekitar pukul 10.45 dan bergerombol di depan pintu masuk Gedung Sate yang pagarnya ditutup serta dijaga belasan personel kepolisian. Mereka meneriakkan yel-yel sembari bernyanyi lagu anak-anak yang digubah liriknya berisi keprihatinan atas nasib guru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com