Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BAZIS Jaktim Beri Beasiswa 690 Siswa

Kompas.com - 18/05/2011, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.Com - Badan Amal Zakat Infaq dan Shadaqah Jakarta Timur (BAZIS Jaktim), memberi beasiswa kepada 690 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa yang berprestasi, tetapi secara ekonomi tidak mampu. Beasiswa diserahkan di kantor walikota Jaktim, Rabu (18/5/2011). Nilai beasiswa yang diberikan mencapai Rp 1,416 miliar.

Kepala Kantor BAZIS Jaktim, Chaerudin Hasan mengatakan, ke-690 peserta didik ini terdiri dari 400 pelajar SMA, dan 290 mahasiswa. Sebanyak 111 pelajar SMA adalah para penerima beasiswa lanjutan tahun lalu.

Sebanyak 115 siswa di antaranya diusulkan kepala sekolah masing-masing kepada kepala seksi pendidikan menengah kecamatan Jaktim. "Sebanyak 150 mahasiswa adalah penerima beasiswa lanjutan," ujar Chaerudin, usai membagikan beasiswa.

Ia menambahkan, dari beasiswa senilai Rp 1,416 miliar, sebanyak Rp 720 juta untuk beasiswa pelajar SMA, sedang dana Rp 696 juta, diserahkan untuk beasiswa mahasiswa.

Dengan demikian, setiap pelajar SMA menerima beasiswa Rp 1,8 juta per tahun, sedang setiap mahasiwa menerima beasiswa Rp 2,4 juta per tahun. Seluruh beasiswa ini berasal dari dana BAZIS, tahun 2010.

Chaerudin berharap, para penerima beasiswa bisa menjadi teladan sebagai Muzaki, Munfiq (pembayar infaq) dan Mutashadiq (pembayar shadaqah).

Tahun ini BAZIS Jaktim juga akan melunasi tunggakan SPP pelajar SD dan SMP swasta serta SMA negeri dan swasta. Selain itu, BAZIS memberi santunan kepada 1.000 anak yatim piatu yang berstatus pelajar Sekolah Dasar (SD). Besarnya bantuan belum diketahui.

Walikota Jaktim Murdhani yang hadir dalam acara penyerahan beasiswa itu berharap, para penerima beasiswa termotivas meningkatkan kualitas dan kreatifitasnya untuk kemaslahatan publik.

Ia berpendapat, pemberian beasiswa ini memelihara kepercayaan masyarakat penyumbang dana.Tercatat total dana yang berhasil dikumpulkan tahun 2010 mencapai Rp 12,2 Miliar.

"Saya berharap, para penerima beasiswa belajar sunguh-sungguh, meraih prestasi di sekolah maupun perguruan tinggi masing-masing. Manfaatkan beasiswa ini sebaik mungkin," ucap Murdhani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com