Dubai Butuh Suplai 95 Sarjana Teknik

Kompas.com - 18/05/2011, 15:51 WIB
EditorLatief

DUBAI, KOMPAS.com — Pimpinan Perusahaan Listrik dan Air Pemerintah Dubai atau Dubai Electricity and Water Authority kembali menyampaikan keinginannya untuk segera mempekerjakan 95 tenaga kerja dengan kualifikasi sarjana bidang teknik dari Indonesia.

Demikian siaran pers disampaikan oleh kantor Konsul Jenderal RI untuk Dubai, Rabu (18/5/2011). Keinginan tersebut disampaikan oleh Managing Director dan Chief Executive Officer Dubai Electricity and Water Authority  (DEWA) Saeed Mohammad al Tayer ketika menerima Konsul Jenderal RI untuk Dubai Mansyur Pangeran, Minggu (15/5/2011) di Kantor Pusat DEWA di Dubai.

Kunjungan pimpinan DEWA itu dimaksudkan untuk membahas seputar potensi energi di Indonesia dan peluang kerja sama investasi, khususnya di sektor energi, serta membahas permintaan 95 tenaga sarjana bidang teknik Indonesia untuk bekerja di DEWA, sebagaimana telah disampaikan awal April lalu. Secara lebih rinci, Al Tayer mengharapkan pihak Indonesia dapat segera menyampaikan data komprehensif mengenai potensi geotermal, coal steam powerplant, dan hydropowerplant di Indonesia untuk dipelajari lebih lanjut.

Sementara itu, Mansyur menyampaikan apresiasi dan menyambut positif atas keinginan DEWA tersebut, terutama untuk segera mempekerjakan tenaga sarjana teknik dari Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas tenaga kerja profesional Indonesia semakin diakui di mancanegara.

Mansyur juga menginformasikan bahwa keinginan dan persyaratan kerja yang disampaikan DEWA pada April 2011 telah disampaikan kepada berbagai institusi dan asosiasi terkait di Indonesia. Akan tetapi, hingga kini masih belum ada tanggapan lebih lanjut. Ia memandang tawaran ini dapat menjadi corner stone bagi pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) yang profesional, berpengalaman, dan formal yang akan memperoleh jaminan perlindungan hukum dan perundang-undangan setempat.

Untuk tahap awal, DEWA akan mempekerjakan 95 sarjana teknik Indonesia untuk bekerja di salah satu proyek pembangkit listriknya di kawasan Jebel Ali Free Zone di Dubai. Saat ini yang dibutuhkan adalah sarjana teknik kelistrikan, telekomunikasi, mesin, dan komputer untuk mengisi berbagai posisi, seperti senior manager, manager, deputy manager/assistant manager, senior engineer, engineer, dan assistant engineer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X