Tim Eksekusi Dihadang Mahasiswa

Kompas.com - 19/05/2011, 11:28 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim eksekusi Universitas Trisakti yang berasal dari Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk sementara waktu belum bisa menjalankan rencananya. Mereka terpaksa berteduh di kolong flyover Grogol karena kedatangan mereka dihadang mahasiswa di depan gerbang kampus Trisakti.

"Ya, sementara kami di sini dulu sambil menunggu koordinasi dengan pihak Polres Jakarta Barat," tutur salah seorang juru sita PN Jakbar yang tak mau menyebutkan namanya di depan kampus Trisakti, Kamis (19/5/2011).

Misi kedatangan juru sita PN Jakbar adalah untuk mengeksekusi sembilan unsur pimpinan Senat Universitas Trisakti dan Forum Komunikasi Karyawan Universitas Trisakti. Tindakan ini diambil setelah keluarnya Putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) pada 10 Januari 2011 yang memenangkan gugatan pihak Yayasan Trisakti.

Dari dalam lingkungan kampus, para mahasiswa dan karyawan terus berorasi menolak eksekusi ini. Selain menggembok gerbang masuk, mereka juga terlihat berjaga di seluruh akses masuk kampus utama.

Juru sita yang didampingi ratusan aparat kepolisian dari Polres Jakbar dan Polsek Tanjung Duren memilih menanti hingga situasi kondusif.

Pihak Yayasan dan Senat Usakti bersengketa sejak tahun 2002 terkait pengelolaan kampus Usakti.  Pihak Senat mendapatkan dukungan Forum Komunikasi Karyawan Usakti dan mahasiswa. Sementara itu, pihak yayasan yang sejak 2002 dipangkas kewenangannya dalam pengelolaan kampus melihat pihak senat di bawah kepemimpinan Thoby Mutis tidak memiliki kewenangan lagi untuk memimpin kampus yang berlokasi di Jakarta Barat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.