Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Mahasiswa ISI Denpasar Pentas Massal

Kompas.com - 19/05/2011, 13:37 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengikuti ujian akhir dan wajib menampilkan salah satu karya terbaiknya di hadapan tim dosen penguji. Penampilan karya terbaik itu dikemas dalam bentuk pergelaran seni pertunjukan melibatkan puluhan sanggar seni maupun grup kesenian dari berbagai pelosok pedesaan di Bali.

Dekan FSP ISI Denpasar I Ketut Garwa di Denpasar, Kamis (19/5/2011), mengatakan, ujian tugas akhir mahasiswa lembaga pendidikan tinggi seni tersebut berlangsung di kampus setempat selama empat hari, 24-27 Mei 2011.

Pergelaran mahasiswa tersebut terdiri atas penciptaan dengan jurusan tari 22 orang, jurusan kerawitan 27 orang, dan jurusan pendalangan 4 orang. Selain itu, pengkajian untuk jurusan tari empat orang, kerawitan seorang, dan jurusan pedalangan dua orang. Mahasiswa dalam pementasan ujian akhir tersebut dibantu oleh sekaa atau guru kesenian, sanggar seni, maupun rekannya sesama mahasiswa semester VI ke bawah.

"Keberhasilan mahasiswa menggarap sebuah karya cipta seni ini berkat bekal ilmu yang diperolehnya selama empat tahun menggeluti pendidikan di lembaga pendidikan tinggi seni. Kemampuannya itu diaplikasikan lewat bagaimana cara mengoordinasi, berorganisasi dalam menciptakan karya," ujar Ketut Garwa.

Ia menambahkan, pementasan berbagai jenis kesenian Bali yang ditampilkan mahasiswa saat mengikuti ujian akhir secara tidak langsung mampu memberikan hiburan kepada masyarakat di Pulau Dewata. Karya garapan orisinil dari mahasiswa sebagai tugas akhir dalam menyelesaikan pendidikan sangat beragam, mulai dari kesenian klasik, kreasi, inovasi, hingga seni kontemporer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com