Jangan Sepelekan Belajar Kelompok!

Kompas.com - 19/05/2011, 18:10 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Ide belajar kelompok dengan beberapa teman sekelas adalah ide yang sangat bagus. Belajar kelompok jangan disepelekan, karena akan sangat membantu sebagai ajang berlatih mempersiapkan diri, terutama untuk menghadapi tes.

Satu aktivitas yang terbukti sangat membantu adalah memberikan pertanyaan secara acak. Untuk melakukan aktivitas ini, cukup dengan bertanya kepada setiap anggota kelompok agar memberikan lima pertanyaan.

Caranya?

Minta kepada masing-masing teman belajar kelompok untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaannya pada kartu catatan. Satu pertanyaan pada setiap kartu.

Selanjutnya, saat waktu belajar bersama itu dimulai, tumpuklah kartu-kartu tersebut seperti setumpuk kartu remi. Berikan kartu-kartu tersebut kepada setiap anggota kelompok, lalu buatlah mereka untuk menjawab setiap pertanyaan di kartu-kartu tersebut. Selain sangat menyenangkan dan sangat efektif, aktivitas ini akan menantang setiap anggota belajar lebih bersemangat menjawab dan mencari jawaban yang benar.

(Sumber: www.educationworld.com)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X