Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Belajar Bisnis Tanpa Modal!

Kompas.com - 20/05/2011, 19:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya Start Up Weekend diselenggarakan di Indonesia. Sebanyak 325 kegiatan serupa sudah dilaksanakan di seluruh dunia dan menghasilkan 503 bisnis baru.

Program Start Up Weekend pertama di Indonesia itu masuk dalam rangkaian Global Entrepreneurship Week Indonesia 2011. Program ini digelar atas kerjasama Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) dan Indonesia Technopreneur Community (ITC).

Tahun ini, tema yang disusung adalah Sukses Start Up Tanpa Modal. Alasannya, untuk memulai usaha bukan semata-mata bermodalkan uang. Akan tetapi, gagasan atau idelah yang menjadi hal terpenting dalam kesuksesan bisnis baru.

Kegiatan berlangsung selama 54 jam atau tiga hari yang dimulai Jumat (20/5/2011) hingga Minggu (22/5/2011), di International Design School-Epicentrum Walk lantai 3, Rasuna Said, Jakarta Selatan. Sekitar 100 orang Indonesia dengan latar belakang beragam, seperti IT developer, marketer, product manager, dan calon wirausahawan berkumpul bersama untuk berbagi ide, membangun tim, membuat produk atau perencanaan bisnis, serta meluncurkan bisnisnya tersebut.

Antonius Tanan, Presiden Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), mengatakan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang belajar soal entrepreneurship.

"Karena di sini para peserta dapat menyalurkan ide-ide terbaiknya yang masih terpendam untuk dimunculkan dan diwujudkan ke dalam bisnis," kata Antonius. 

Dia mencontohkan, wirausahawan muda yang sukses, Anto, alumni UCEC perdana dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, beberapa tahun lalu. Alumni UGM ini memulai usaha tanpa modal.

"Mimpinya yang ingin sama suksesnya seperti Bapak Ciputra sebagai pengusaha properti digantung tinggi. Dengan bermodalkan gagasan pencarian investor dan komunikasi yang baik dengan pemilik tanah, ia telah berhasil menjadi pengusaha properti dengan proyek senilai Rp 500 juta," cerita Antonius.

Antonius mengatakan, negeri ini butuh anak-anak muda yang mau menjadi wirausahawan. Sementara itu, Ciputra mengatakan jika Indonesia punya empat juta entrepreneur, perekonomian Indonesia akan semakin maju dan kesejahteraan masyarakat bukan lagi mimpi.

Dalam kegiatan ini, para peserta Startup Weekend akan dibimbing untuk mewujudkan ide bisnisnya dan mampu membangun bisnis baru tanpa modal.

"Kita berharap, menjamurnya para pengusaha pencipta kerja yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara ini dan menekan tingkat pengangguran," jelas Nico Budianto, panitia penyelenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com