Akrab dengan Rekan Kerja Bisa Bikin Panjang Umur

Kompas.com - 21/05/2011, 07:02 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Keakraban yang terjalin dengan rekan-rekan kerja bukan hanya membuat hambatan komunikasi di kantor berkurang, tapi juga bisa membuat kita panjang umur.

Dukungan sosial yang diterima seseorang dari lingkungan kerjanya ini bisa menjadi indikator sebaik apa hubungan yang dimilikinya dengan rekan kerja, atasan, atau bawahannya.

Penelitian yang diadakan oleh tim dari Universitas Tel Aviv, Israel ini dilakukan selama lebih dari 20 tahun. Penelitian melibatkan 820 orang dewasa yang dirujuk ke layananan kesehatan untuk pemeriksaan rutin.

Para pekerja yang didiagnosa menderita penyakit kronik atau memiliki penyakit mental tidak termasuk dalam yang diteliti. Para partisipan bekerja di berbagai bidang industri, seperti keuangan, asuransi, pegawai negeri, karyawan bidang kesehatan, serta pabrik.

Di awal penelitian, para responden mengisi survei mengenai kondisi pekerjaan, termasuk jumlah dukungan sosial yang diterimanya. Dukungan sosial dianggap tinggi jika seorang karyawan membantu rekannya menyelesaikan masalah dan akrab dengan rekan di kantornya.

Selama periode penelitian yang dilakukan antara tahun 1988 - 2008, 53 responden meninggal. Kaitan antara keabrakan yang terjalin dengan rekan kerja dan kematian paling nyata terlihat pada responden berusia 38-43 tahun.

"Hasil penelitian ini bisa menjadi bukti pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang terbuka dan akrab sebagai promosi pencegahan penyakit. Meningkatkan keakraban dengan rekan kerja bisa menurunkan risiko kematian," kata peneliti dalam laporannya di jurnal Health Psychology.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.