Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Anak Nelayan Dijanjikan Beasiswa

Kompas.com - 24/05/2011, 19:16 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Pemerintah tahun ini berjanji memberikan beasiswa pendidikan kepada 2.000 anak nelayan. Bantuan tersebut dijanjikan di luar berbagai bantuan lainnya kepada nelayan yang diambil dari anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan ditambah dana Kementerian Pendidikan Nasional.

"Beasiswa diberikan untuk semua jenjang pendidikan, termasuk untuk di perguruan tinggi," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, di Medan, Selasa (24/5/2011).

Hanya saja, Fadel tidak bisa merinci dana beasiswa yang dipersiapkan untuk beasiswa anak-anak nelayan tersebut.

"Tetapi, dana beasiswa itu di kisaran Rp 20 miliar sampai Rp 30 miliar," katanya.

Jumlah beasiswa itu, kata dia, akan ditingkatkan terus setiap tahun dengan jumlah penerimaan yang meningkat karena sejalan program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, khususnya nelayan dan petani. Tahun depan, misalnya, kata Fadel, pihaknya merencanakan bisa memberikan beasiswa kepada 12.000 orang anak nelayan atau naik 10.000 orang dari tahun ini yang hanya 2.000 orang.

"Kementerian Kelautan akan tetap bekerja sama dengan Kemendiknas karena dana di kementerian itu juga cukup banyak dan berpengalaman mengelola program tersebut," katanya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Medan Zulfahri Siagian mengatakan, rencana beasiswa kepada anak nelayan itu sangat disyukuri. Namun, kata dia, jangan hanya sekadar gratis uang sekolah karena yang mahal itu justru dana untuk kebutuhan lainnya, seperti buku.

"Jadi, kalau memang ada progam beasiswa, tentunya sangat ditunggu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com