Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar PTN di Malang Lebihi Target

Kompas.com - 25/05/2011, 10:42 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Pendaftar jalur ujian tulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2011 di tiga perguruan tinggi negeri di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, melebihi target, mencapai 23.300 orang. Dari jumlah pendaftar tersebut, peserta yang belum mendaftar secara online atau menggunakan PIN mencapai 1.000 lebih.

Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang Welmin Sunyi Ariningsih, Rabu (25/5/2011), pembeli PIN (pendaftar) sebanyak itu terdiri dari pendaftar kelompok IPA 9.004 orang, IPS 9.113 orang, dan kelompok IPC 5.137 orang.

"Jumlah pendaftar ada kemungkinan juga terus bertambah karena pendaftaran baru ditutup hari ini pukul 24.00 WIB," ujar Welmin.

Ia menambahkan, jumlah pendaftar yang melebihi kapasitas itu juga berpengaruh pada ruangan ujian yang sekarang sudah habis. Saat ini pihaknya melakukan koordinasi kembali dengan Universitas Negeri Malang (UNM) dan UIN Maliki terkait penambahan ruangan.

Adapun lokasi ujian tulis SMNPTN yang sudah diatur dan dibagi adalah untuk kelompok IPA di Kampus UIN Maliki, kelompok IPS di Unibraw, dan kelompok IPC di Kampus UNM. Tes tulis SMNPTN pada hari pertama, Selasa (31/5/2011), adalah tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar, sedangkan pada hari kedua, Rabu (1/6/2011), adalah bidang studi IPA dan IPS. Pengumuman SNMPTN akan dilakukan serentak pada 30 Juni.

"Hanya saja, peminat jalur tulis tidak setinggi jalur undangan," kata Welmin.

Di Unibraw, misalnya, kata Welmin, peminat jalur undangan mencapai 21.560 orang atau hampir menyamai peserta jalur tes tulis di tiga PTN meski akhirnya hanya 4.300 yang diterima. Melihat tingginya peminat jalur undangan tersebut, lanjutnya, ada kecenderungan minat pelajar melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi semakin tinggi.

Tahun ini, dari belasan program studi di tiga PTN di Malang itu, pilihan favorit calon mahasiswa di Unibraw adalah Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Akuntansi. Sementara itu, di UIN Maliki adalah Prodi Tarbiyah, Ekonomi, Psikologi, Teknik Informatika, dan Bahasa Inggris. Di UNM, pilihan favorit calon mahasiswa adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknologi Informatika, serta Bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com