Berpikirlah, Kamulah yang Terbaik!

Kompas.com - 25/05/2011, 11:20 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Apakah kamu siswa yang menyukai Matematika atau pelajar yang andal punya hobi menulis? Atau, apakah kamu merasa diri kamu seorang yang pandai menyusun puzzle?

Beberapa pelajar memang memiliki bakat spesial di beberapa bidang tertentu. Oleh karena itu, mereka akan menikmati saat mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan rumah (PR) untuk bidang-bidang pelajaran tersebut. Semua berjalan lancar.

Masalah datang ketika mereka mulai menghindari tugas pada bidang lainnya. Umumnya, mereka mengakui, hal itu terjadi terutama pada bidang yang tidak familier.

Berita baiknya adalah mereka mestinya tidak perlu menyukai semua pelajaran. Sebagai siswa, kamu hanya harus memilih salah satu yang kamu sukai dan jadilah diri sendiri.

Berpikirlah bahwa kamu yang terbaik pada mata pelajaran tersebut dan wujudkan sebagai inspirasi. Inspirasikan pada hal apa saja, bahkan kamu, misalnya, dapat menciptakan sebuah website atau sejumlah podcasts tentang pelajaran kamu itu.

Saatnya kamu harus menjadi seorang bintang. Ketika kamu ahli dalam suatu bidang tertentu, kamu akan dapat menghimpun kepercayaan diri dan menjadi lebih toleran pada pelajaran lain yang sesungguhnya tak dapat kamu nikmati. Kamu akan mulai berpikir, setidaknya pelajaran lain sebagai faktor pendukung dalam perjalanan karier kamu dalam bidang yang kamu sukai.

Maka, jadilah ahli di sekolahmu dan berperilakulah serius! Kamu harus bisa mengatakan, "Beberapa anak mendapatkan nilai yang bagus karena reputasi mereka. Guru hanya suka kepada mereka, sedangkan saya harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan nilai A."

(Sumber: www.educationworld.com)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X