Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo! Ada 2.000 Beasiswa di UMM

Kompas.com - 27/05/2011, 13:11 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Terobosan mengembirakan datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur. Pada penerimaan mahasiswa baru (Maba) untuk 2011, mereka siap memberikan jatah beasiswa kepada 2.000 orang.

Kabar gembira tersebut disampaikan Kepala bagian Humas UMM Nasrullah, kepada Kompas.com, Jumat (27/5/2011) saat dihubungi melalui ponselnya. "Untuk tahun ini UMM membuka beasiswa kepada 2.000 lebih calon mahasiswa baru," katanya.

Angka yang fantastis tersebut sudah termasuk seluruh jalur beasiswa. "Di UMM hingga saat ini, sudah ada 200 jalur beasiswa. Misalnya, jalur prestasi, jalur Djarum Foundation dan banyak lagi jalur lainnya," jelasnya.

"Dari BNI itu memberikan jatah sebanyak 10 orang setiap tahunnya. per semesternya senilai Rp 1,5 juta masing-masing mahasiswa," katanya.

Selain beasiswa tersebut, UMM juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa hingga selesai. "Beasiswa itu diberikan khusus kepada kader Muhammadiyah, siswa berprestasi ditiap semesternya, dan mahasiswa dari keluarga miskin," terangnya.

Yang paling bergengsi, kata Nasrullah, beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa kuliah ke luar negeri. "Ini hasil kerjasama dengan Komisi Uni Eropa. Beasiswa itu hanya akan diberikan kepada 50 mahasiswa yang berprestasi dan lulus seleksi," katanya.

Ditanya kapan beasiswa tersebut mulai dibuka? Menurut Nasrullah, sejak Ujian Nasional untuk siswa SMA dan sederajat usai, UMM sudah membuka kesempatan tersebut. "Namun, biasanya sudah mulai banyak pendaftarnya kalau sudah selesai tes SNMPTN. Ini adalah kesempatan emas bagi calon mahasiwa yang berprestasi dan calon mahasiswa yang dari keluarga kurang mampu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com