Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Oakwood Klaster Baru Lippo Cikarang

Kompas.com - 28/05/2011, 17:13 WIB

CIKARANG, KOMPAS.com -  Perusahaan pengembang properti PT Lippo Cikarang Tbk, segera merilis klaster residensial baru ‘Oakwood’ akhir Mei 2011. Oakwood adalah klaster ke-6 dari Mega Kluster ‘The Elysium Residence”. Dari 83 unit tahap pertama yang diluncurkan ini berada di atas lahan seluas 8 hektar.

Oakwood membidik masyarakat kelas menengah atas. Adapun harga yang ditawarkan mulai Rp 800 juta hingga Rp 1,1 Miliar dengan dua tipe yaitu tipe 9 x 10 m2 dengan luas bangunan 110 m2 yang terdiri dari tiga kamar tidur plus satu dan tipe 10 m x20 m dengan dua pilihan luas bangunan, yakni 135 m2 dan 141 m2 dengan jumlah kamar empat plus satu.

Saat ini sudah lebih dulu ada 5 kluster di Mega klaster The Elysium Residence yang memiliki luas sekitar 126 ha, antara lain Elysium Garden, Le Jardin, Ivory Garden, Greenwood, Florencia yang seluruhnya sudah sold out. Pembangunan yang sangat pesat beberapa tahun terakhir membuat produk-produk residensial Lippo Cikarang dengan cepat terserap pasar.

Hal ini tentunya ditopang oleh faktor-faktor pendukung yang adalah fasilitas berkelas yang tersedia di ‘integrated township’ ini. Yaitu Sekolah bertaraf Internasional bahkan Sekolah Pelita Harapan Lippo Cikarang dan International Islamic Boarding School (IIBS) adalah sekolah ‘IB’ bertaraf dunia. Kemudian Siloam Hospital, tempat rekreasi keluarga-water theme park ‘Water Boom Lippo Cikarang’, Hotel Sahid Lippo Cikarang, Mal Lippo Cikarang, Lippo Cikarang Citywalk.

Potensi industri properti sangat besar. Ekonomi Indonesia yang terus tumbuh, kondisi politik yang kondusif dan jumlah rakyat Indonesia yang besar, jadi kebutuhan rumah sangat besar.

Penataan Kota dan Lingkungan

Lippo Cikarang memiliki masterplan yang matang. Integrated township merupakan satu bukti keberhasilan memadukan ketiga produk bisnisnya yang meliputi: industri, residensial dan komersial. Baru saja Lippo Cikarang mengoperasikan Lippo Cikarang Citywalk, mal gaya hidup dengan pangsa pasar kelas menengah atas. Disini dapat ditemui: Farmers Market, Starbucks, J.Co, Mc Donalds yang buka 24 jam, Domino’s Pizza, Olive House, Chicken Village, Bumbu Desa. Ada 20 restoran korea yang tersebar di seluruh kawasan Lippo Cikarang.

Lingkungan hijau Lippo Cikarang karena dari awal Lippo Cikarang sudah concern dengan penghijauan lingkungan disamping itu juga memiliki ‘nursery’ untuk mensuplai kebutuhan pohon di seluruh kawasan. Kemudian bekerja sama dengan sekolah-sekolah mengadakan ‘Mini Nursery’ program untuk membangun kesadaran generasi muda sejak dini akan sadar lingkungan atau dikenal dengan environment awareness.

Pada akhir tahun 2010, Lippo Cikarang menjadi tuan rumah program ‘Bekasi Greneer City’ yang dicanangkan oleh Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Lippo Cikarang terus membangun infrastruktur baru, termasuk interchange di Km 34.700 yang akan menjadi alternatif akses masuk ke Lippo Cikarang selain yang sudah ada saat ini di Km 28. Jadi dengan adanya akses tol di km 34.700 ruas Cikampek ini maka orang dapat langsung ke Lippo Cikarang.

Basis Ekonomi Industri

Lippo Cikarang memiliki basis ekonomi industri, yang merupakan salah satu perusahaan dari Grup Lippo. Seperti diketahui berbagai industri otomotif besar berada di sepanjang koridor Bekasi-Cibitung-Cikarang-Cikampek. Mereka adalah: Honda, Toyota, Suzuki dll. Dan merk-merk besar yang turut berkiprah di Lippo Cikarang seperti: Danon Dairy Indonesia, Indonesia EPSON Industry, Panasonic, Sanyo, Toshiba.

Dalam mengembangkan kawasan Industri, Lippo Cikarang menggandeng perusahan Jepang yang dikenal dengan East Jakarta Industrial Park (EJIP) dan perusahaan Korea: Hyundai Inti Development. (KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com