Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya... Ada Peserta yang Tanpa Foto!

Kompas.com - 30/05/2011, 13:28 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Bandung menyatakan, jelang satu hari pelaksanaan ujian tertulis SNMPTN masih ada peserta yang tidak mencantumkan fotonya dalam kartu peserta dan buku kehadirannya.

"Ada beberapa masalah berkaitan dengan peserta SNMPTN ini, seperti ada yang tidak ada fotonya," kata Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal Bandung SNMPTN 2011 Asep Gana Suganda, di Bandung, Senin (30/5/2011).

Asep menjelaskan, pihaknya belum menghitung secara rinci berapa jumlah peserta SNMPTN yang tidak ada fotonya. Menurut dia, foto peserta tersebut menentukan keaslian si peserta SNMPTN dan akan mengganggu terhadap pelaksanaan SNMPTN nanti. Selain itu, permasalahan peserta yang tidak ada fotonya tersebut juga membuka celah untuk perjokian SNMPTN.

"Sekarang, apa benar anak ini yang ikut ujian kalau fotonya tidak ada, itu yang jadi kekhawatiran kita, termasuk dimanfaatkan oleh perjokian," kata Asep.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi peserta yang tidak ada fotonya, pihaknya telah menyiapkan prosedur khusus.

"Kita ada prosedurnya untuk itu, tapi tidak akan dikasih tahu sekarang," kata Asep.

Dia menambahkan, mulai dari ruangan, pengawas, koordinator pelaksanaan, hingga dokumen soal ujian SNMPTN seperti naskah soal ujian dan lembar jawabannya dinyatakan sudah siap. Sekitar 35.000 orang siap melaksanakan ujian tertulis SNMPTN 2011 yang dilaksanakan oleh Panitia Lokal Bandung, Selasa (31/5/2011). Semua peserta tersebut akan melaksanakan ujian tertulis SNMPTN di berbagai universitas negeri dan swasta yang ada di Kota Bandung dan beberapa sekolah SD, SLTP, dan SLTA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com