Peserta Tes SNMPTN di Papua Barat Turun

Kompas.com - 31/05/2011, 15:26 WIB
EditorPepih Nugraha

MANOKWARI, KOMPAS.com - Sebanyak 521 siswa lulusan SMA dan sederajat mengikuti tes seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri di wilayah Papua Barat. Sayangnya, jumlah peserta tahun ini turun sampai 300 peserta.

Diakui Pjs Rektor Universitas Negeri Papua (Unipa) Marlyn N Lekitoo, Selasa (31/5/2011) jumlah peserta tes SNMPTN tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2010 yang mencapai 800 orang. Diperkirakan siswa lebih memilih ikut tes di perguruan tinggi negeri di luar Papua. "Tidak tahu apa alasannya, tapi jumlah peserta tahun ini lebih sedikit," ujarnya.

Jumlah siswa yang ikut ujian jurusan IPA sebanyak 221 siswa, IPS 149 siswa, dan IPC 151 siswa. Merlyn menyayangkan karena ada 19 program studi S1 yang ditawarkan di Unipa, dan 11 prodi untuk jenjang diploma. Menurut pengawas dari Universitas Negeri Makassar Prof Rifdan mengatakan ada beberapa bangku kosong di ruang ujian karena siswa tak datang.

Namun, pada ujian hari pertama, mata pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, dan maematika dasar, tak ada gangguan. Di PB, ujian dilaksanakan di empat lokasi, yakni di Manokwari, Fak-Fak, Kaimana, dan Sorong.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X