Redam Perjokian, Lulusan "Lama" Dipisah

Kompas.com - 31/05/2011, 16:33 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai upaya mengantisipasi praktik perjokian dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis 2011, panitia pusat telah menyiapkan berbagai cara. Salah satunya adalah melokalisasi peserta ujian yang berasal dari tahun kelulusan 2011 dengan peserta yang lulus pada tahun sebelumnya, yaitu 2009 dan 2010.

Ketua Pelaksana SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto, Minggu (29/5/2011) lalu, mengatakan, para pelaku perjokian tidak akan lolos. Antisipasi panitia yang diterapkan dalam ujian tertulis sangat ketat.

"Termasuk memetakan lokasi-lokasi yang rawan praktik joki dan lokasi tersebut harus kami rahasiakan," ujarnya.

Sementara itu, Selasa (31/5/2011) pagi tadi, Herry kembali menegaskan, antisipasi praktik perjokian juga dilakukan dengan memberikan soal berbeda.

"Tetapi tingkat kesulitannya tetap sama," kata Herry saat melakukan inspeksi pelaksanaan ujian tertulis bersama Menteri Pendidikan Nasional serta Rektor dan Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) di SMAN 82 Jakarta.

Selain itu, soal ujian juga sudah ditentukan berdasarkan tahun kelulusan peserta.

"Mekanisme penyerahannya jelas, soal sudah ditentukan untuk masing-masing anak," katanya.

Secara terpisah, Wakil Rektor UI Muhammad Anis, yang juga panitia SNMPTN bidang IT, menjelaskan, peserta SNMPTN jalur ujian tertulis yang berasal dari lulusan 2009 dan 2010 dilokalisasi di tempat yang telah ditentukan. Khusus untuk mereka, panitia memberikan soal berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama.

"Untuk membedakan siswa dari tahun kelulusannya, salah satunya dengan melokalisasi peserta di tempat yang ditentukan, UI merupakan salah satunya," kata Anis.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X