Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Juni, Beasiswa ADS ke Australia Dibuka

Kompas.com - 01/06/2011, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Australia kembali meluncurkan program beasiswa Australian Development Scholarships (ADS), yaitu program beasiswa yang dibiayai melalui AusAID untuk program studi S-2 dan S-3 tahun ajaran 2011/2012 di universitas-universitas Australia. Beasiswa ini terbuka bagi sektor pemerintah dan swasta.

Prioritas beasiswa ini diberikan untuk bidang-bidang studi yang menunjang tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan yang akan mendukung, yaitu Pertumbuhan Berkelanjutan dan Manajemen Ekonomi; Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia; Demokrasi, Keadilan dan Pemerintahan yang Baik; serta Keamanan dan Perdamaian.

Adapun prioritas beasiswa ADS akan dialokasikan ke provinsi-provinsi yang menjadi target Strategi Kerjasama Pembangunan Australia Indonesia 2008-2013. Untuk tahun 2011-2012 prioritas diberikan kepada geographic focus area, yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

Skema beasiswa ADS mencakup antara lain: 

• Biaya pendidikan; yaitu seluruh biaya akademis dan biaya-biaya lain yang bersifat wajib bagi siswa internasional

• Bantuan tutorial tambahan: yaitu biaya yang bila dibutuhkan sebagai bantuan tutorial akan diberikan pada siswa yang mengalami kesulitan mata kuliah tertentu untuk membantu proses belajar.

• Biaya perjalanan; yaitu penerbangan kelas ekonomi ke dan dari Australia pada awal dan akhir masa beasiswa.

• Kerja lapangan di luar Australia; biaya yang diberikan bila riset mencakup setidaknya 50 persen dari program, siswa dapat menerima satu kali tiket PP ke Indonesia untuk melaksanakanya.

• Anggaran pemukiman; biaya ini diberikan satu kali pada awal masa studi di Australia.

• Penyertaan keluarga; Keluarga (isteri/suami dan anak-anak) boleh ikut serta ke Australia atas biaya sendiri jika telah memenuhi persyaratan AusAID dan imigrasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com