Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joki Beraksi di Unhas, 12 Peserta Ditangkap

Kompas.com - 01/06/2011, 15:30 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 12 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Makassar, Sulawesi Selatan, diamankan terkait dugaan bocornya soal ujian hari kedua. Diduga, ada praktik joki dalam pelaksanaan ujian kali ini.

Mereka yang kedapatan menerima jawaban diamankan di dua lokasi SNMPTN yakni, kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) dan SMA Negeri 6.  Ke 12 peserta ujian ini menerima jawaban dengan cara bervariasi.

Menurut Humas Unhas Dahlan Abubakar, umumnya peserta mendapatkan jawaban melalui pesan singkat selular (sms) dan dari lembar jawaban soal. Mereka menerima jawaban di lokasi kampus, dari orang yang memiliki jawaban tersebut.  "Katanya mereka tidak saling kenal. Mereka ketemu di kampus dan diminta bayar Rp 25 ribu," kata Dahlan, Rabu (1/6/2011) di Gedung Rektorat Unhas.

Dari 12 orang, kata Dahlan, satu diantaranya bernama MA kedapatan menggunakan ijazah palsu. Siswa yang tamatan MAN 1 Kabupaten Pinrang tahun 2006 memalsukan tahun ijazah menjadi 2011. "MN ini bertindak sebagai pembagi jawaban. Dia menyerahkan ke HA. HA ini juga menyampaikan ke peserta yang lain," tambah Dahlan.

Ditengarai, mereka memiliki jaringan tertentu. Salah satu bukti adanya nomor ponsel yang sama dalam sms yang diterima MA maupun HA. Sedangkan, joki untuk 10 orang peserta ujian lainnya belum diketahui. Mereka mengaku mendapatkan jawaban dari orang yang tak dikenal berada di lingkungan lokasi ujian.

Terkait kasus ini, Dahlan mengatakan pihaknya masih mencocokan data yang ada dengan jawaban peserta. "Kita belum tahu, kalau kebenaran 60-70 persen kemungkinan bocor," tambah Dahlan.

Kedua belas orang tersebut adalah Di, AR, DK, HA,SU,He,AA,AZ, RO,AR,SU dan MA. Mereka mendaftar untuk menjadi mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com