Jumat, Pendaftaran Simak UI Dibuka

Kompas.com - 01/06/2011, 18:35 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia kembali membuka pendaftaran Seleksi Masuk UI (Simak UI), Jumat (3/6/2011). Ujian ini merupakan saringan masuk terintegrasi dari seluruh jenjang pendidikan yang ada di UI, mulai jenjang Vokasi atau Diploma III (D-3) hingga jenjang Doktoral (S-3).

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, Rabu (1/6/2011), di Jakarta, pendaftaran secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id itu dibuka sampai Jumat (24/6/2011). Adapun ujian tertulisnya akan dilaksanakan serentak pada 3 Juli 2011 di 10 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Makassar, dan Samarinda.

"Satu lokasi ujiannya juga ada di luar negeri, yaitu di Brussel, Belgia," papar Vishnu.

Vishnu mengatakan, Simak UI akan menjadi seleksi masuk terpadu yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk bisa memilih satu hingga empat program pendidikan dengan pilihan maksimum sampai 8 program studi. Adapun materi yang diujikan untuk kelompok IPA adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPA, sedangkan kelompok IPS adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPS. Kelompok IPC yang diujikan adalah kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar.

"Keberadaan panitia lokal dimaksudkan untuk mempermudah penyelenggaraan ujian di daerah dengan menyediakan tempat ujian, pengawas ujian, dan membantu peserta yang memiliki kendala berupa terbatasnya akses internet di daerah," ujar Vishnu.

Dia menambahkan, sesuai anjuran pemerintah, tahun ini kuota Simak UI ditetapkan hanya sebesar 15-25 persen dari total mahasiswa baru yang diterima UI dan sisanya diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa S-1 reguler yang diterima melalui Simak itu sama dengan mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN, sesuai kemampuan penanggung jawab finansial calon mahasiswa," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X