Untan Seleksi Guru untuk Anak-anak TKI

Kompas.com - 01/06/2011, 22:28 WIB
EditorBenny N Joewono

PONTIANAK, KOMPAS.com — Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, siap menyeleksi guru yang akan dikontrak pemerintah untuk mengajar anak-anak tenaga kerja Indonesia di Sabah, Malaysia Timur.

"Seleksi ini akan dilakukan secara nasional, dan untuk Kalbar, Untan dipercaya sebagai salah satu panitia seleksi," kata Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Dr Aswandi di Pontianak, Rabu (1/6/2011).

Ia menambahkan, keberangkatan guru yang lulus seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama pada September 2011, tahap kedua November 2011, dan tahap ketiga pada Mei 2012.

"Guru kontrak yang ditempatkan di Malaysia mendapatkan tunjangan Rp15 juta per bulan. Itu menunjukkan pemerintah pusat sedang serius dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Aswandi.

Menurutnya, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, disebutkan bahwa warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Ternyata, lanjut dia, sejauh ini anak-anak Indonesia, selain di dalam negeri dan daerah perbatasan, ada juga yang di luar negeri, tetapi belum mendapatkan pendidikan yang layak.

"Seperti anak-anak TKI yang berada Malaysia dan negara lainnya, saat ini masih belum mendapatkan pendidikan yang layak. Itu karena saat ini masih banyak anak-anak TKI khususnya di Malaysia, yang belum mengenyam pendidikan," ujarnya.

Untuk itu, menurut dia, Pemerintah Indonesia sejak tahun 2004 lalu menurunkan guru kontrak di Malaysia untuk mengajar anak-anak TKI melalui pendidikan formal dan nonformal.

"Pemerintah tidak mau anak-anak TKI yang ada di Malaysia tidak mengenyam pendidikan Indonesia. Karena kalaupun ada anak TKI yang bersekolah di Malaysia, dia akan mengenyam pendidikan di sana sehingga tidak mengenal pendidikan Indonesia," tutur Aswandi.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Indonesia juga telah mempersiapkan tenaga pendidik kontrak yang nantinya akan ditempatkan di Malaysia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X