Beberapa PTS di Perbatasan Menjadi PTN

Kompas.com - 03/06/2011, 16:14 WIB
EditorLatief

MERAUKE, KOMPAS.com — Pendidikan di daerah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga harus mendapat perhatian. Upaya ini sebagai komitmen untuk membuat wilayah perbatasan menjadi beranda terdepan bangsa.

"Dalam beberapa tahun belakang ini ada pergeseran jika wilayah perbatasan yang selama ini terbelakang harus jadi terdepan. Bukan hanya kemajuan fisik yang dikejar, tapi juga mutu sumber daya manusia," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dalam kunjungan kerja di Merauke, Jumat (3/6/2011).

Pada kesempatan kali ini, Menteri Pendidikan Nasional juga meresmikan Universitas Musamus menjadi perguruan tinggi negeri. Sebelumnya, universitas ini merupakan universitas swasta.

"Ada lima perguruan tinggi swasta di daerah perbatasan yang juga diubah jadi PTN. Ada di Kalimantan Timur, Papua, Bangka Belitung, dan Batam. Ini karena pemerintah mau menjadikan daerah perbatasan sebagai beranda terdepan Indonesia, termasuk juga dalam pendidikan," kata Nuh.

Merauke berbatasan dengan Papua Niugini dan Australia. Indonesia, khususnya, menjadi pilihan tempat belajar siswa dari Papua Niugini, terutama di daerah perbatasan di Sota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.