Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Peringkat Pertama Kelulusan SMP/MT

Kompas.com - 03/06/2011, 22:56 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Provinsi Jawa Barat berada di peringkat pertama nasional dalam hal persentase kelulusan siswa dalam ujian nasional tingkat SMP/MTs 2011 ini. Pengumuman kelulusan akan disampaikan lewat surat ke alamat rumah siswa pada hari ini.

Ada kenaikan persentase kelulusan siswa SMP/MTs pada ujian nasional tahun ini dibandingkan tahun lalu. "Saat ini, sebanyak 99,96 persen, atau 651.245 siswa lulus ujian. Tahun lalu, tingkat kelulusannya 99,95 persen," kata Kepala Dinas Pe ndidikan Provinsi Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi di Bandung, Jumat (3/6/2011).

Wahyudin mengatakan, jumlah peserta ujian nasional tingkat SMP/MTs di Jawa Barat pada tahun ini adalah 651.534 peserta. Sebanyak 289 siswa di antaranya tidak lulus. Sedangkan tahun lalu, jumlah pesertanya 636.521 siswa, 350 di antaranya gagal.

Selain ada peningkatan jumlah kelulusan siswa, nilai rata-rata ujian pada tahun ini juga naik 0,47. Tahun lalu, nilai rata-rata ujian nasional adalah 29,34, sedangkan tahun ini menjadi 29,81.

Ketua Ujian Nasional Provinsi Jawa Barat Dedi Sutardi mengatakan, tahun ini Jabar menempati peringkat pertama nasional dalam hal persentase kelulusan siswa. Sedangkan dalam hal rata-rata nilai ujian, pelajar SMP/MTs Jabar ada di urutan kedua.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji mengatakan, pengumumang kelulusan diadakan pada Sabtu ini. "Sebelum dikirimkan lewat pos kepada siswa, sekolah akan mengkaji hasil ujian itu," kata Oji.

Pengumuman melalui surat pos ke rumah-rumah dinilai Oji bisa mengurangi kemungkinan siswa merayakan kelulusan dengan berkonvoi di jalan raya. "Siswa jadi hanya menunggu di rumah, sehingga tidak perlu keluar merayakan kelulusan dengan konvoi dan corat-coret," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com