Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djarum Foundation Bantu FE Undip

Kompas.com - 07/06/2011, 14:50 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Djarum Foundation memberikan bantuan pembangunan gedung baru Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang, Selasa (7/6/2011). Acara ditandai dengan proses pemancangan tiang pertama dan penandatanganan kerjasama oleh Dekan Fakultas Ekonomi Undip Muhammad Nasir dan perwakilan Djarum Foundation Satata Sutedja.

Pembangunan gedung baru (gedung C) ini untuk melengkapi berbagai fasilitas yang terdapat di Fakultas Ekonomi, sebagai bagian meretas jalan menuju universitas kelas dunia (world class university).

"Kami mendukung agar Undip tidak hanya bisa bersaing di level nasional, tetapi juga di tingkat internasional. Pembangunan gedung ini penting sehingga ke depannya Undip diakui di kancah dunia," kata Satata, dalam sambutannya, pada acara yang juga dihadiri oleh Pembantu Rektor II Undip M. Chabachib, di Kampus FE Undip, Tembalang.

Ia mengungkapkan, bantuan yang diberikan ini merupakan bagian dari program Djarum Bakti Pendidikan. Gedung baru yang ditargetkan selesai pembangunannya dalam 180 hari ke depan, dilengkapi dengan perlengkapan sarana belajar, termasuk laboratorium komputer, sistem informasi elektronik, perpustakaan, dan koleksi bukunya, lounge mahasiswa, serta ruang video conference, dengan total nilai bantuan lebih dari Rp 15 miliar.

Sementara itu, Dekan FE Undip Muhammad Nasir mengungkapkan, gedung yang direncanakan terdiri dari empat lantai itu dibangun di atas lahan seluas 3855 meter persegi.

"Dengan adanya gedung baru ini, luas gedung perkuliahan yang ada, termasuk gedung dekanat luasnya total sekitar 15.600 meter persegi. Mudah-mudahan dengan fasilitas gedung yang baru, FE Undip menuju world class university akan terwujud dengan cepat," ujar Nasir.

Saat ini, FE Undip memiliki 27 ruang kelas. Dengan gedung baru, ditargetkan akan tersedia 45 ruang kelas dengan masing-masing kelas diisi maksimal 40 orang.

M. Chabachib mengatakan, penambahan jumlah ruangan di FE Undip ini telah diperhitungkan. "Jumlah 45 ruangan ini berdasarkan perhitungan kami, representatif menjadi universitas kelas dunia. Secara keseluruhan, Undip juga tengah merintis menjadi research university. Oleh karena itu, kami mengapresiasi bantuan Djarum Foundation ini," ujar Chabachib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com